Follow Us

Aplikasi PeduliLindungi Versi Terbaru, Tak Melacak Lagi Lokasi Pengguna Terus Menerus

None - Senin, 01 November 2021 | 11:43
Perbandingan tampilan antarmuka (UI) versi lama dan baru di aplikasi PeduliLindungi.
(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Perbandingan tampilan antarmuka (UI) versi lama dan baru di aplikasi PeduliLindungi.

Nextren.com - Selama ini masyarakat sudah makin terbiasa dengan aplikasi PeduliLindungi, karena menjadi syarat untuk memasuki tempat publik.

Aplikasi milik Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk tracing dan check-in ke berbagai tempat umum di masa pandemi Covid-19, PeduliLindungi disambangi dengan pembaruan (update) anyar.

Pembaruan dengan nomor versi 4.0.2 (Android) dan 4.0.3 (iOS) ini bisa dibilang merombak tampilan antarmuka (UI) utama aplikasi tersebut.

Kini, pengguna aplikasi PeduliLindungi tak lagi akan melihat tampilan peta di laman utama, melainkan desain UI yang lebih bersih, dengan berbagai ikon yang memiliki tampilan dan warna yang lebih segar.

Baca Juga: Cara Cek Sertifikat Vaksin Saat Aplikasi PeduliLindungi Error

Selain itu, tampilan utama aplikasi PeduliLindungi juga kini lebih sederhana.

Sejumlah fitur yang tersedia di versi lama kini dipindahkan ke berbagai ikon yang ukurannya tampak diperbesar, sebagaimana tampak dalam gambar berikut.Ikon scan kode QR, misalnya, kini ditampilkan dalam sebuah in-app banner mencolok di bagian atas tampilan utama aplikasi.

Ikon tersebut sebenarnya dimuat di tempat yang sama pada versi sebelumnya, serta ditampilkan pula di menu ikon bagian bawah aplikasi.

Namun, ukuran banner-nya sekarang jauh lebih besar sehingga akan langsung terlihat begitu aplikasi dibuka.

Lalu, menu berbasis tab pada versi sebelumnya yang muncul di bagian paling atas aplikasi, seperti "Statistik", "Home", dan "Akun" kini dihilangkan dan dipindahkan ke tempat lain.

Menu Statistik bisa dilihat melalui ikon "Statistik Covid-19" yang bisa diakses dengan meng-klik ikon "Lihat Semuanya".

Sementara itu, menu Akun bisa diakses dengan meng-klik nama pengguna masing-masing di bagian kiri atas UI utama PeduliLindungi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest