Follow Us

Tren 2018: Tips Keamanan Penting Cyber Security yang Perlu Diketahui

Kama - Sabtu, 03 Maret 2018 | 15:00
Tips penting cyber security yang perlu diketahui
CheapSSLShop

Tips penting cyber security yang perlu diketahui

Laporan Wartawan Nextren, Kama Adritya

Nextren.grid.id - Hendra Lesmana selaku pakar data digital sekaligus CEO dari Dimension Data mengatakan bahwa dengan semakin majunya teknologi, maka data pribadi kita akan semakin terbuka dan bersentuhan dengan pihak lain.

Persentuhan tersebut membuat data pribadi kita yang biasanya tidak dapat dilihat orang, menjadi lebih terbuka.

BACA: Awan Tunai, Pinjam Uang Mudah Secara Online Hingga Rp 5 Juta

Tentunya, hal tersebut membutuhkan sistem keamanan yang menjaga data kita agar tidak disalahgunakan orang lain. Sistem tersebut adalah cyber security.

Jangan dipikir cyber security itu hanya berupa anti virus atau anti malware saja. Karena seiring dengan makin majunya teknologi, maka semakin maju juga cara oknum untuk menyerang data digital kita.

Serangan terhadap data digital

Kita masih ingat kejadian heboh di tahun 2017 lalu, di mana hampir di seluruh pelosok dunia menjadi sandera dari serangan Ransomware.

Di mana data-data kita disandera hacker yang meminta tebusan dalam bentuk bitcoin. Hal ini membuka mata kita akan pentingnya keamanan data digital.

Serangan tersebut membuat banyak orang kehilangan data penting, sesuatu yang tadinya tidak diperhitungkan, sekarang mendadak menjadi penting setelah kehilangannya.

Bukan hanya kerugian kehilangan data, namun bagi mereka yang terpaksa membayar tebusan juga rugi hingga milyaran rupiah. Bahkan ada analis yang mengatakan bahwa naiknya nilai Bitcoin di dunia itu dipicu dengan semakin banyaknya hacker yang menggunakan Bitcoin untuk tebusan.

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest