Follow Us

GoTo Dorong Digitalisasi UMKM Daerah, Klaim Permudah Proses Pemasaran

Fahmi Bagas - Kamis, 30 September 2021 | 15:00
GoTo Financial luncurkan KONTAG untuk pelatihan bisnis UMKM ritel.
Dok. GoTo Financial

GoTo Financial luncurkan KONTAG untuk pelatihan bisnis UMKM ritel.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - GoTo secara resmi menghadirkan program baru untuk mendorong digitalisasi UMKM di daerah-daerah Indonesia.

Momen tersebut diselenggarakan dalam acara bertajuk "Bangkit Bersama GoTo Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional", yang digelar pada hari Kamis (30/9) pagi di Solo.

Dalam inisiatif terbarunya, GoTo mengklaim akan memberikan kemudahan proses pemasaran bagi pelaku usaha UMKM.

Baca Juga: Gojek Rilis Fitur Baru GoCar Protect+, Ada Air Purifier di Dalam Mobil

GoTo Financial yang merupakan salah satu lini yang ada di GoTo Group juga akan diupayakan untuk mendorong percepatan digitalisasi tersebut.

"Kami ingin membantu akses-akses layanan keuangan agar bisa dimilki oleh mitra kami meskipun skalanya masih kecil atau mikro," ucap CEO GoTo, Andre Soelistyo.

Ia turut menyebut bahwa fitur-fitur yang ada di GoTo juga dapat dimanfaatkan oleh mitra dalam mengembangkan bisnis.

"Jadi sebagai merchant itu akan mempunyai tools yang bisa membantu mereka melingkupi pemasaran," ungkap Andre.

Mitra UMKM yang tergabung di GoTo akan memiliki akses untuk membuat program-program pemasaran yang disesuaikan oleh target pasar masing-masing.

Baca Juga: Ini Promo WIB Pertama Tokopedia Bersama Gojek Bersatu Menjadi GoTo

Sejumlah penawaran seperti diskon, cashback, hingga proses pembuatan banner iklan pun dapat dilakukan oleh merchant.

Selain itu, kolaborasi antara Gojek dan Tokopedia juga diklaim dapat mempercepat proses logistik pada setiap transaksi.

"Ekosistem GoTo adalah ekosistem yang menghubungkan antara mitra driver (Gojek) dan merchant," tutur Andre.

Baca Juga: Nasib Driver Gojek Kini Setelah Menjadi GoTo, Bonus Bertambah?

"Adanya integrasi 3 stakeholder tersebut, kami bisa memberikan experience yang lebih baik," lanjutnya.

Petinggi perusahaan itu pun menegaskan bahwa GoTo ingin menjadi jembatan yang memfasilitasi UMKM untuk masuk ke dalam dunia digital.

Alasan Memilih UMKM Daerah

Pemilihan GoTo untuk menyasar wilayah selain kota besar juga dikatakan sebagai bentuk upaya untuk meminimalisir celah antara pelaku UMKM di wilayah ibu kota dan daerah.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya yang juga hadir dalam acara mengatakan, "Kita melihat bahwa (UMKM) yang bisa digital mereka bertahan, tapi yang tidak bisa justru makin terpuruk."

Baca Juga: JegBos Asal Semarang, Ojek Online 1 Tarif Untuk Belanja di 3 Toko Berbeda

Oleh karena itu, GoTo dikatakan bisa menjadi salah satu perusahaan yang membuka peluang untuk membuat UMKM Indonesia menjadi pemenang di negara sendiri.

"Produk Gojek dan Tokopedia menghubungkan penguasaha setempat dengan demand di wilayah setempat," ucap William.

Dukungan Pemerintah Setempat

Adanya inisiatif GoTo ini pun mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

Baca Juga: Driver Gojek Minta Bantuan Pemerintah Jika PPKM Diperpanjang: Keluarga Susah Makan

Dalam kesempatan yang sama, hadir Gibran Rakabuming, selaku Walikota Surakarta.

Ia mengatakan, "Saya berharap GoTo dapat menjadi ekosistem ekonomi digital yang sehat dan bisa menjad wadah untuk mengembangkan UMKM di Indonesia."

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest