Follow Us

IndiHome Bakal Digabung Internet Broadband Milik PLN dan PGAS

Wahyu Subyanto - Jumat, 03 September 2021 | 21:05
Paket internet murah dari IndiHome, harga segini gratis ratusan menit.
IndiHome

Paket internet murah dari IndiHome, harga segini gratis ratusan menit.

Nextren.com - Saat ini sejumlah BUMN yang terjun di bisnis internet broadband lewat fiber optik.

Selain IndiHome dari Telkom yang terbesar, ada juga Iconnet dari PLN dan Gasnet dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS).

Ditambah lagi PT Jasamarga Related Bisnis (JMRB) yang juga tengah mengembangkan bisnis infrastruktur fiber optik.

Ramainya bisnis internet broadband BUMN tersebut membuat Menteri BUMN Erick Thohir ingin menggabungkan Iconnet dengan Indihome.

Baca Juga: Akibat WFH, Trafik Broadband Telkomsel Meningkat Hingga 16 Persen

Kabarnya, Gasnet milik PGAS juga disebut akan diakuisisi oleh Telkom. Lalu bagaimana tanggapan resmi dari Telkom sebagai pemain internet broadband terbesar?

Menurut VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia Tbk Pujo Pramono seperti dilansir Kontan, pihaknya mendukung setiap keputusan Kementerian BUMN untuk mempercepat digitalisasi dan pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia. “Sebagai BUMN, Telkom dan PLN memiliki fungsi memperkuat sinergi, menciptakan pertumbuhan berkelanjutan dan pengembangan usaha,” ungkap dia kepada Kontan, Kamis (2/9), menanggapi wacana penggabungan Indihome dan Iconnet.

Manajemen Telkom optimistis rencana itu bisa memberi manfaat lebih baik bagi BUMN dan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tentunya untuk memudahkan akses internet agar lahir talenta digital dan mempercepat proses digitalisasi di Tanah Air. Menurut Pujo, penetrasi fixed broadband di Indonesia saat ini baru 15% dari total 69 juta rumah tangga.

Sebenarnya wabah pandemi Covid-19 mempercepat tingkat adopsi masyarakat, memperbesar kebutuhan akses internet untuk bekerja, belajar, dan berwirausaha dari rumah.

Baca Juga: Jalur Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Dibuka, Telkomsel Bangun Jaringan Broadband dengan 82 unit BTS 4G LT

“Dengan demikian, peluang meningkatkan penetrasi fixed broadband ke penjuru Indonesia masih terbuka lebar,” ujar Pujo. Kini IndiHome didukung jaringan fiber optik sepanjang 166.343 kilometer dari pusat kota sampai desa di seluruh Indonesia.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest