Follow Us

XL Akhirnya Berhasil Lolos ULO Jaringan 5G di Frekuensi 1800 Mhz

Zihan Fajrin - Kamis, 12 Agustus 2021 | 20:50
Johnny G. Plate, Menteri Kominfo dan Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO PT. XL Axiata TBK.
Zihan Fajrin

Johnny G. Plate, Menteri Kominfo dan Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO PT. XL Axiata TBK.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Akhirnya, setelah dua provider yaitu Telkomsel dan Indosat Ooredoo berhasil melewati Uji Layak Operasi atau ULO, kini XL Axiata telah berhasil juga.

XL Axiata memberikan layanan 5G dengan menggunakan pita frekuensi 1,8 GHz, sama dengan Indosat Ooredoo.

Sejak Mei 2021 total ada sembilan kota yang bisa menggunakan layanan konektivitas 5G yaitu terdiri dari Jabodetabek, Bandung, Batam, Balikpapan, Surakarta, Surabaya, Makasar, Denpasar dan Medan.

Baca Juga: Jaringan Fiber Optik dan Solusi Bisnis XL Axiata di Kawasan Industri Suryacipta Karawang

XL Axiata diketahui telah mengujicoba kelayakan jaringan 5G sejak tanggal 3 hingga 5 Agustus 2021 di jalan Margonda, kota Depok.

Sehari setelahnya, perjuangan perusahaan telekomunikasi ini membuahkan hasil dengan mendapat SKLO atau Surat Keterangan Laik Operasional jaringan 5G.

Selain menyebutkan layanan 5G akan dilakukan pada jaringan pita frekuensi 1.8 Ghz, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyebutkan informasi lainnya.

"Dengan lebar pita 20 MHz, dalam rentang 1807,5 MHz hingga 1827,5 MHz," jelas Johnny dalam Konferensi Pers daring, sore tadi (12/8).

Ia juga menekankan hadirnya jaringan 5G bukan hanya meningkatkan industri telekomunikasi saja, melainkan meningkatkan hal lainnya.

Seperti derivatif industri yang terdiri dari industri fintech, e-Commerce, healthtech, edutech dan seterusnya.

Usaha XL Axiata untuk bisa mengkomersialisasikan 5G ternyata memiliki persiapan yang panjang hingga akhir Juli 2021 perusahaan mengajukan ULO 5G ke Kominfo.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest