Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Telkomsel Ganti Logo Baru Setelah 26 Tahun di Indonesia, Ini Maknanya

Wahyu Subyanto - Jumat, 18 Juni 2021 | 22:21
Peluncuran logo baru Telkomsel
Telkomsel

Peluncuran logo baru Telkomsel

Nextren.com - Ternyata operator seluler pertama di Indonesia, sudah berumur panjang di Indonesia, yaitu 26 tahun.

Ingin menandai babak baru dalam melayani bangsa dan masyarakat Indonesia, akhirnya Telkomsel untuk pertama kalinya mengubah logo perusahaan.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengungkapkan makna dari logo baru ini dalam peluncuran logo baru secara online, Jumat (18/6/2021).

"Hari ini kami memperkenalkan semangat yang dibarengi dengan pembaharuan identitas Telkomsel yang baru. Yang akan memperkuat kehadiran Telkomsel sebagai simbol perubahan bagi kemajuan bangsa," ujar Hendri.

Baca Juga: Yuk Cek Seri HP Flagship Samsung yang Dipakai Aktor Drakor Racket Boys

Perubahan logo ini menurut Hendri tak hanya sebatas perombakan wajah Telkomsel saja, namun menjadi cara mereka untuk membawa simbol perubahan dengan memaknai transformasi digital yang lebih dalam, lewat nilai-nilai baru.

Logo baru Telkomsel, setelah hadir 26 tahun di Indonesia
Telkomsel

Logo baru Telkomsel, setelah hadir 26 tahun di Indonesia

Makna logo baru Telkomsel

Berbicara dalam acara yang sama, Director of Marketing Telkomsel, Rachel Goh, menjelaskan bahwa proses penentuan logo baru Telkomsel ini dipersiapkan sekitar dua tahun.

Logo baru Telkomsel ini secara umum terinspirasi dari salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu Batik.

Setiap lekukan dan titik pada batik itu mewakili sesuatu.

Hal itulah yang membuat batik unik, dan menjadi ikon nasional Indonesia hingga kini.

Menurut Rachel, karena hal itulah mereka ingin memastikan warisan tersebut menjadi bagian dari merek Telkomsel yang baru.

"Itu akan mengingatkan kita setiap saat, siapa yang kita perjuangkan, dan siapa diri kita sebenarnya," jelas Rachel.

Sesuai ikon yang dipilih, maka logo baru Telkomsel ini menggunakan jenis font baru, yang diberi nama Telkomsel Batik.

Font ini dibuat khusus oleh anak bangsa, yaitu Deni Anggara dari Degarism Studio Bandung.

Baca Juga: Ini Link Streaming Argentina vs Uruguay di Copa America 2021

Selain itu, Telkomsel turut menyematkan sebuah "portal" dengan guratan yang juga terinspirasi dari batik.

Adapun makna dari portal ini adalah bersama Telkomsel pelanggan bisa memasuki dunia baru dan mengeksplor hal-hal baru.

"Portal itu juga terlihat dikelilingi oleh sinar, sinar itu adalah optimisme," papar Rachel.

Tampilan Merek Berubah

Selain mengubah bentuk logo, cara penulisan mereknya juga diubah.

Sebelumnya, kata Telkomsel memakai huruf kapital, dan kini huruf kapital hanya dipakai di awal merek saja. Adapun sisanya ditulis dalam huruf kecil.

"Perubahan cara penulisan ini merepresentasikan bahwa kami menundukkan diri kami agar lebih dekat, lebih bersahabat, dan lebih dapat disambut oleh pelanggan kami," kata Rachel.

Telkomsel masih tetap memilih merah dan putih sebagai warna dasar pada logo baru.

Menurut Rachel, dua warna itu mewakili keberanian, kekuatan, kemurnian, dan kejujuran.

Ada pula aksen warna kuning yang melambangkan optimisme dan rasa senang di logo yang baru.

Tone warna-warna baru juga akan dibawa, termasuk biru tua yang melambangkan integritas dan kepercayaan.

Nantinya, logo baru dan tone warna baru ini akan mulai dilihat pelanggan dalam materi branding perusahaan, seperti di aplikasi, billboard, website, dan lainnya.

Tak hanya mengenalkan logo baru, Telkomsel juga mengenalkan lagu tema baru perusahaan.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x