Follow Us

BMKG Benarkan Video Viral Matahari Terbit dari Utara di Sulsel

Fahmi Bagas - Jumat, 18 Juni 2021 | 14:00
Jelang matahari terbit di Tanjung Benoa, Bali
Zika Zakiya

Jelang matahari terbit di Tanjung Benoa, Bali

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Video viral matahari terbit dari utara di wilayah Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) baru saja tersebar melalui sejumlah platform media sosial.

Kejadian itu diketahui direkam oleh salah satu guru pada hari Kamis (17/6) kemarin, di MAN Binamu, Sulsel dan terlihat dalam video tersebut bahwa perekam mengarahkan kamera ke arah matahari yang diduga terbit dari sebelah utara.

Video berdurasi 3 menit 23 detik itu pun dipenuhi dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan ketidakpercayaan perekam terhadap apa yang dilihatnya.

"Melaporkan dari lokasi MAN Binamu. Sesuatuyang sangat aneh terjadi. Di mana matahari berada pada posisi di utara pagi ini pada hari Kamis tanggal 17 Juni. Sekarang baru menjelang jam 8 matahri sudah berada pada posisi utara," ucapnya.

Baca Juga: Tips Konten Videografi dan Fotografi Bisa Viral di TikTok ala Urrofi dan Megaieo

Kabar ini pun langsung mencuat dan banyak diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia karena diianggap sebagai fenomena yang tidak biasa.

Sebagai lembaga yang menyangkut peristiwa-peristiwa alam, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengomentari video yang beredar itu.

Prakirawan BMKG wilayah IV Makassar, Agusmin H mengkonfirmasi bahwa apa yang terjadi pada rekaman video viral tersebut adalah benar.

Dihimpun dari Kompas, Agus menyebut bahwa apa yang terjadi pada matahari itu adalah sesuatu yang lumrah dan wajar.

"Itu yang menyebabkan perubahaan cuaca, yakni adanya musim panas dan dingin," ucapnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest