Follow Us

Uji Kecepatan Internet 5G Untuk Upload Download dan streaming video 4K

Ida Bagus Artha Kusuma - Rabu, 09 Juni 2021 | 17:00
percobaan jaringan 5G di Jakarta
Bagus

percobaan jaringan 5G di Jakarta

Laporan Wartawan nextren, Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Nextren.com - Saat ini Indonesia sudah mulai memasuki era jaringan 5G yang memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding 4G.

Dengan teknologi terbaru, jaringan 5G memiliki potensi besar untuk meningkatkan kecepatan jaringan internet di Indonesia.

Untuk itu kami menguji kecepatan Internet 5G yang sudah mulai komersial di beberapa wilayah di Jakarta dengan beberapa perangkat Oppo.

Pada pengujian ini, kami menggunakan perangkat Oppo Reno5 5G dan Find X2 Pro yang sudah tersambung ke jaringan 5G dan perangkat lain sebagai pembanding, menggunakan Oppo A74 yang hanya tersambung ke jaringan 4G.

Baca Juga: Jaringan 5G Diprediksi Ubah Tren Industri Game, Playstation Terancam!

Sebagai catatan penting, hasil dari pengujian ini sangat tergantung dari berbagai macam faktor seperti cuaca, lokasi, operator, perangkat yang digunakan, dan lain - lain.

Pengujian dilakukan pada pagi hari di taman piknik Satria Mandala, Jakarta Selatan.

Ada 3 skenario pengujian yang kami lakukan yaitu download dan upload file ke Google drive, download game, dan streaming video 4K 60 FPS HDR.

Menurut kami pengujian ini sudah menggambarkan skenario nyata pemakaian jaringan 5G yang akan umum dialami sebagian besar konsumen, meskipun masih banyak potensi lainnya yang saat ini belum hadir di Indonesia.

Lalu seberapa cepat jaringan 5G di area ini pada skenario pemakaian yang sudah ditentukan ?

1. Download dan Upload file Google drive

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest