Follow Us

88 Persen Pengguna iOS 14.5 Tak Ijinkan Pelacakan Aplikasi, Sadar Privasi!

Gama Prabowo - Senin, 10 Mei 2021 | 11:29
iOS 14.5
MakeMac

iOS 14.5

Nextren.com - Sejak peluncuran iOS 14.5, kehadiran fitur App Tracking Transparency sangat berpengaruh terhadap jumlah pelacakan aplikasi oleh pengembang besar seperti Facebook, Spotify, Google dll.

Berdasarkan data terbaru dari Flurry Analytics yang rilis 8 Mei lalu, pelacakan aplikasi di perangkat iOS mengalami penurunan yang signifikan.

Flury Analytics menyebutkan bahwa 88% pengguna iOS 14.5 secara global tak mengijinkan pelacakan aplikasi di perangkat iPhone miliknya.

Baca Juga: Perusahaan Asal Jerman Komplain Kebijakan Apple, Ini Alasannya

Rendahnya pelacakan aplikasi di iOS 14.5 berdampak besar pada cara kerja iklan dalam aplikasi tersebut.

Perusahaan dengan model bisnis berbasis iklan untuk menopang layanannya mejadi sangat terpengaruh.

Di sisi lain, pengguna aplikasi di iOS 14.5 semakin merasa aman karena mereka dapat menjaga kerahasiaan data pribadi dari pihak ketiga.

Baca Juga: Google Akan Luncurkan Label Privasi di Play Store, Terinspirasi Apple?

Yuk simak halaman berikutnya untuk tahu grafik data Flurry Analytics terkait jumlah pengguna yang tak mengijinkan pelacakan aplikasi.

Flurry Analytics merupakan platform analisis aplikasi mobile yang berfokus pada riset pertumbuhan dan pengembangan aplikasi.

Flurry Analytics yang merupakan anak perusahaan Verizon Wireless, digunakan oleh lebih dari 1 juta aplikasi mobile di dunia.

Flurry Analtics secara rutin memberikan insight dari 2 miliar perangkat seluler per bulan terkait kebiasaan pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Berikut merupakan grafik data Flurry Analytics yang menunjukan persentase penguna iOS 14.5 global yang tak mengijnkan pelacakan aplikasi di perangkat mereka.

Persentase jumlah pengguna iOS 14.5 global yang tak mengijinkan pelacakan aplikasi
Flurry.com

Persentase jumlah pengguna iOS 14.5 global yang tak mengijinkan pelacakan aplikasi

Baca Juga: Menolak Notifikasi Aturan Privasi Baru WhatsApp, Ini yang Akan Terjadi

Bagi kalian yang masih kurang familiar dengan App Tracking Transparency, pada dasarnya fitur ini seperti pop-up ijin yang harus ditampilkan setiap aplikasi kepada pengguna iOS 14.5.

Pop-up tersebut nantinya berisi keterangan bagaimana aplikasi menggunakan data pengguna untuk melacak aktivitas pengguna.

Biasanya, pengembang aplikasi menggunakan data pengguna untuk kepentingan pengiklanan dalam aplikasi.

Baca Juga: Facebook Rayu Pengguna iOS 14.5 untuk Ijinkan Pelacakan Data

Sebagai contoh, jika kalian sering melihat iklan instagram yang berhubungan dengan kebiasaan pencarian atau bahkan perbincangan digital kalian, maka itu merupakan hasil dari pelacakan aplikasi.

Melalui fitur App Tracking Transparency, pengguna iOS 14.5 dapat menolak ketika pengembang aplikasi meminta pelacakan data mereka.

Pop Up pelacakan aplikasi Facebook dan Instagram di iOS 14.5
The Verge

Pop Up pelacakan aplikasi Facebook dan Instagram di iOS 14.5

Baca Juga: Makin Aman, Google Tambahkan Label Privasi di Semua Aplikasinya

Banyaknya persentase pengguna iOS 14.5 yang tak mengijinkan aplikasi menandakan bahwa masyarakat kini telah memiliki kesadaran terhadap pentingnya data pribadi.

Sama seperti yang diungkapkan oleh Tim Cook, pengguna harus menjadi pihak penentu atas nasib data pribadinya, bukan malah menjadi 'produk' yang dijual oleh aplikasi kepada pihak ketiga.

Bagaiamana pendapat kalian terkait sikap pengguna iOS 14.5 yang tak ijinkan pelacakan aplikasi ini? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya! (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest