Follow Us

Curi Bansos Amerika, Dua Hacker Indonesia Langsung Didatangi FBI!

Martinus Aditama - Jumat, 16 April 2021 | 15:35
Ilustrasi Hacker
New York Post

Ilustrasi Hacker

Nextren.com - Sebuah berita terbaru datang dari dua orang hacker asal Indonesia yang ditangkap karena mencuri bantuan sosial (Bansos) Covid 19 Amerika Serikat.

Keduanya berhasil ditangkap oleh pihak Polda Jawa Timur yang dibantu oleh badan intelijen asal negeri paman Sam tersebut, FBI.

Penangkapan kedua hacker ini dilakukan di salah satu wilayah provinsi Jawa Timur yang tidak disebutkan namanya.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengamankan WiFi Agar Tak Mudah Dibobol Hacker

Modus dari kedua hacker ini dalam melakukan pencurian bansos Covid 19 tersebut adalah membuat sebuah situs palsu yang desain dan isinya sangat mirip dengan website resmi milik pemerintah Amerika Serikat.

Melalui situs palsu tersebut, keduanya berhasil mengumpulkan cukup banyak data dari warga negara Amerika Serikat yang terdampak pandemi Covid 19.

Setelah data tersebut terkumpul, keduanya melakukan penipuan kepada pemerintah Amerika Serikat dengan meminta dana bantuan sosial Covid 19 yang ujung-ujungnya tidak disalurkan kepada warga terdampak, melainkan malah masuk ke rekening pribadi mereka.

Karena menyangkut hal pemerintahan dan nilai dana yang berhasil masuk ke rekening kedua hacker tersebut sangat besar, maka FBI memutuskan untuk turun tangan langsung dan datang ke Indonesia.

Lalu, berapa besaran dana bansos yang berhasil dicuri oleh kedua hacker tersebut? Yuk lanjut di halaman berikutnya.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah dana bansos yang sukses masuk ke rekening pribadi kedua hacker tersebut mencapai USD 60 juta atau lebih dari 800 miliar Rupiah.

Dana sebesar itu bisa didapatkan keduanya melalui sekitar 30 ribu data warga Amerika Serikat terdampak Covid 19 yang diserahkan ke pemerintah.

Source : Kompas TV

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest