Follow Us

REVIEW Smartfren Super 4G Unlimited dan Kinerja Saat Kuota FUP Habis

Wahyu Subyanto - Jumat, 12 Maret 2021 | 21:16
kartu smartfren unlimited
way

kartu smartfren unlimited

Nextren.com – Kuota akses internet kini menjadi kebutuhan utama masyarakat, di kala pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat sebagian besar aktifitas dilakukan secara online.Hal itu tentu membutuhkan akses internet yang bisa dipakai terus menerus tanpa khawatir akan kehabisan kuota, atau biasa disebut unlimited.Bayangkan repotnya saat sedang asyik belajar online atau rapat online via Zoom, tiba-tiba kehabisan kuota internet. Tentu semuanya bakal terhambat bukan?Salah satu operator Indonesia yang punya produk kuota internet unlimited adalah smartfren. Nah kali ini kebetulan Nextren berkesempatan mencoba akses internet unlimited dari smartfren ini.

Baca Juga: Transaksi Online Meningkat, Tokopedia Gandeng 11 Brand Sepatu LokalMulai Januari 2021 lalu, pelanggan Smartfren yang mengaktifkan paket Unlimited dan Kuota Nonstop akan mendapatkan benefit Extra Unlimited Malam full-speed pada jam 01.00 – 04.59 WIB. Benefit tambahan ini diberikan sebagai respon terhadap pengguna Unlimited dan Kuota Nonstop yang biasa menggunakan internet pada malam hari. Untuk penggunaan traffic data harian, pengguna Unlimited dan Kuota Nonstop menggunakan traffic data sebesar 18% di jam 01.00 – 04.59 WIB.Tambahan benefit ini tidak mengurangi benefit yang saat ini diperoleh pelanggan masing-masing paket tersebut. Paket Smartfren Unlimited tetap bisa digunakan 24 jam di semua aplikasi.

Selain itu, pengguna diberikan Extra Unlimited Malam full-speed di jam 01.00 – 04.59 WIB sehingga bisa menikmati internet sepuasnya.

Bagaimana cara menikmati paket internet unlimited itu? Yuk simak pengujian kami berikut ini.

Khusus untuk pelanggan Kuota Nonstop, Extra Unlimited Malam full-speed tersebut bisa diperoleh selama masih memiliki kuota utama.Untuk menikmati Extra Unlimited Malam full-speed ini, pelanggan yang mengaktifkan paket Unlimited atau Kuota Nonstop paling murah pun bisa mendapatkannya. Begitu pula untuk mereka yang menggunakan eSIM di iPhone dan Android, juga memperoleh benefit tersebut.Benefit tambahan ini akan otomatis aktif ketika memasuki pukul 01.00 WIB dan akan berhenti pada pukul 04.59 WIB. Selanjutnya, setelah waktu tersebut, pelanggan akan memakai batas pemakaian wajar (FUP) dari paket Unlimited yang sedang aktif.

Baca Juga: Update Terbaru Google Chrome di Mac dan Windows, Lebih Hemat Memori!

FUP akan di-reset begitu memasuki pukul 00.00, dan kembali memasuki Unlimited Full Speed Malam pada jam 01.00 – 04.59 WIB.Kartu Perdana internet Smartfren Unlimited bisa didapatkan seharga Rp22.500 untuk masa aktif 7 hari dengan batas pemakaian wajar 1 GB per hari.

Awal PengujianSetelah nomor dipasang di hape, maka tentu saja harus didaftarkan seperti biasa. Paling mudah tentu lewat SMS ke 4444.Untuk mengelola informasi dan memilih kuota, pertama kali harus download aplikasi mysmartfren di Google Play.Setelah instalasi, seperti biasa dan masuk aplikasi mysmartfren, maka akan tampil beragam penawaran pilihan kuota. Di bagian ini, pilihan kuota akses memang dibagi per aplikasi. Contohnya untuk tarif Rp 5000 selama 7 hari ada pilihan Kuota Zoom 1,5GB , kuota Youtube 1.5GB, kuota Sosmed 1.5GB (FB, IG, Twitter), kuota TikTok 1.5GB, kuota Chating 1.5GB (WA, Line), dan kuota Vidio 1.5GB.

Kartu perdana Unlimited smartfren ini masih kosong, artinya balance pulsa 0. Namun sebelum diisi, sudah terlihat jatah akses internet Unlimited dan akses Midnight internet, beserta jangka waktu berakhirnya, sekitar 1 bulan setelah diaktifkan.Berikutnya ada pula Unlimited VoLTE Unlimited HD Voice untuk sekitar sebulan. Ini adalah layanan telepon sesama smartfren lewat teknologi VoLTE yang lebih jernih.Berikutnya kami masuk ke menu Topup untuk mengisi pulsa nomor perdana yang masih kosong ini. Sudah tersedia pilihan nominal pengisian, mulai Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, dan seterusnya hingga Rp 500 ribu. Untuk pembayarannya, ada banyak pilihan mulai dari OVO, Gopay, ShopeePay, hingga kartu kredit. Namun untuk pembayaran lewat bank hanya bisa lewat bank Sinarmas.Kami memilih Rp 20 ribu untuk mencoba di kuota termurah apa yang didapat. Ternyata menarik juga, karena dengan Rp 20 ribu ini sudah bisa menikmati internet unlimited dengan kuota FUP 1 GB per hari, selama seminggu.

Baca Juga: Netflix Kirim Peringatan Untuk Pelanggan yang Pakai Berbagi AkunSetelah lebih dari 1GB maka kecepatan disebut akan menurun. Namun apakah kecepatannya jari menurun sehingga tidak nyaman dipakai? Yuk ikuti pengujian kami di bawah ini.

Kuota CustomizedTawaran paket internet disebutkan bisa berbeda-beda antar nomor.Nomor yang kami pakai, ditawarkan paket Super 4G Unlimited Mingguan Rp 20 ribu, paket Super 4G Unlimited Bulanan Rp 55 dan 80 ribu.Selain tawaran paket unlimited, ada juga paket berdasar kuota seperti internet mingguan 3GB, atau internet bulanan 8GB, 30GB dan 60GB.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest