Follow Us

Capek Keseringan Rapat dan Belajar Online via Zoom? Cegah Pakai 4 Cara Ini

None - Rabu, 03 Maret 2021 | 12:30
Ilustrasi rapat online
Pexels.com

Ilustrasi rapat online

Nextren.com - Video call menjadi andalan orang untuk bekerja dan belajar, termasuk bersosialisasi dengan sahabat saat pandemi.

Bahkan tak jarang seseorang membuka 2 hingga 4 video call sekaligus di laptopnya, karena rapat virtual berlangsung bersamaan.

Meski hanya duduk saja, seseorang bisa jadi malah lebih capek dibanding bekerja di kantor atau sekolah di kelas, seperti saat kondisi normal.

Ya selama pandemi, frekuensi panggilan video yang dilakukan oleh banyak orang meningkat dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Hemat Kuota Saat Buka Zoom Untuk Sekolah Online Tanpa WiFi

Intensitas panggilan video yang rutin dilakukan hampir setiap terkadang membuat sebagian orang mengaku merasa lebih lelah dibandingkan bekerja di kantor.

Akibatnya, muncullah fenomena yang dinamakan Zoom Fatigue.

Istilah ini menggambarkan kondisi di mana seseorang merasa lelah dan gelisah akibat terlalu sering melakukan pertemuan virtual lewat video call.

Meski dinamakan " Zoom Fatigue", namun gejala ini berlaku untuk semua platform layanan video conference, tidak terbatas pada Zoom saja.

Apa saja penyebab seseorang merasa lebih capek melakukan rapat online, meski hanya duduk saja? Yuk lanjut ke halaman berikutnya.

Dalam artikel yang diterbitkan dalam jurnal Technology, Mind and Behavior, Jeremy Bailenson dari Virtual Human Interaction Lab Universitas Stanford mengidentifikasi empat penyebab utama yang membuat banyak orang kelelahan saat melakukan konferensi video.

Dalam riset tersebut, Bailenson juga membagikan beberapa metode atau tips yang bisa dilakukan untuk mencegah efek buruk dari Zoom Fatigue.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest