Follow Us

Teknologi Open RAN Diuji XL Axiata, Bisa Dikembangkan SDM Lokal

Wahyu Subyanto - Rabu, 10 Februari 2021 | 13:30
ilustrasi BTS XL
XL

ilustrasi BTS XL

Nextren.com - Teknologi jaringan telekomunikasi terus berkembang, dan bertujuan mencari solusi yang lebih efektif dan efisien.

Beragam teknologi juga terus diuji operator, untuk meningkatkan kinerja jaringannya sekaligus mengejar efisiensi.

Apalagi, pemerintah bertekad melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia.

Maka berbagai upaya terus dilakukan XL Axiata untuk mewujudkan komitmen tersebut, termasuk dengan melakukan implementasi inovasi dan inisiatif penerapan teknologi baru yang lebih efektif dan efisien yakni Open RAN (Radio Access Network).

Baca Juga: Cara Mencari Kamar Kosong Rumah Sakit untuk Pasien COVID-19, Mudah Kok!

Implementasi teknologi baru ini diawali dengan melakukan ujicoba Open RAN yang berhasil dilakukan diintegrasikan ke jaringan yang sudah ada (existing network) di Ambon pada bulan Februari ini.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam media update virtual (10/2) mengatakan terus berupaya mendukung pemerintah membangun dan menyediakan jaringan telekomunikasi ke berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu upayanya adalah dengan mencoba mengimplementasikan teknologi Open RAN ini, dengan melakukan ujicoba terlebih dahulu.

"Harapan kami penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi untuk pembangunan jaringan secara lebih efisien dan efektif khususnya di area-area pelosok luar Jawa," ujar Gede.

Saat ini uji coba sedang berada pada tahap uji layanan, fungsionalitas, kapabilitas, dan performance.

Progres uji coba test call pada jaringan 3G (CS fallback) dan OTT call di jaringan 4G juga telah berhasil dilakukan, dan saat ini dalam proses monitoring untuk kinerja dan kestabilan.

Uji coba Open RAN ini dilakukan bersama Mavenir sebagai partner penyedia teknologinya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest