Follow Us

4 Dampak Negatif Rooting Android, Menjanjikan Tapi Pikir Resikonya

Hesti Puji Lestari - Kamis, 25 Januari 2018 | 14:40
Ilustrasi root
Howtogeek

Ilustrasi root

Laporan Wartawan Nextren, Hesti Puji Lestari.Nextren.grid.id- Apakah kamu pernah mendengar istilah root dalam smartphone?Melakukan root adalah sebuah proses mengizinkan pengguna ponsel pintar untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi pada berbagai subsistem android.Dengan melakukan rooting ini, akan membuat kamu dapat mendownload dan menggunakan semua alat dan fitur yang sebenarnya diblokir pada perangkat kamu.Namun, tahukah kamu bahwa rooting smartphone juga memiliki resiko loh.

(BACA : Ini Fakta Sebenarnya Jangkauan 4G dan 4.5G Operator di Jabotabek )Nah, buat kamu yang penasaran dengan efek negatif melakukan rooting pada smartphone, tim Nextren punya informasinya buat kamu.1. Ucapkan selamat tinggal pada garansiProdusen perangkat Android tidak akan menutupi dan mengganti garansi kerusakan setelah kamu merooting perangkat kamu.Jadi jika kamu root smartphone kamu resiko tanggung sendiri ya.

(BACA : Samsung Galaxy J2 Pro (2018) Dijual Murah Rp 1 Jutaan di 3 Tempat Ini )

2. Kamu akan punya masalah dengan pembaharuan.Terkadang saat kamu root ponsel, android kamu untuk mendapatkan Operating System terbaru.Maka update otomatis ke firmware akan berhenti.Nah, akibat berhentinya firmware inilah perangkat kamu bakal memiliki pembaharuan (update) yang gagal instal.Kalau sudah begini, dipastikan kalau smartphone kamu bakal jadi sering error.

(BACA : Adobe Photoshop Terbaru Tampil Pada Display 8K, Buruan Install! )3. OverheatRooting membuat smartphone kamu dipaksa menjalankan sistem yang tak seharusnya dijalankan.Oleh karena itu, terkadang smartphone akan menjadi cepat panas dan bisa menimbulkan kerusakan pada hardware.4. ErrorNah kalau ini adalah masalah yang kerap dihadapi saat melakukan rooting.Jika kamu melakukan rooting dengan cara kamu sendiri atau menggunakan tenaga yang kurang profesional.

Maka akan besar kemungkinan ponsel android kamu mengalami error.

(BACA : Cara Aman Keluar Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan, Langsung Praktik Yuk! )Hal ini sering diakibatkan karena kurang cocoknya aplikasi yang diinstall dengan komponen perangkat yang dibawa dari pabrikan.Nah kalau sudah error, smartphone kamu sudah tak dapat dipakai lagi nihHanya akan berakhir di tukang loak kan?Gimana nih, masih tetap pengen root android? (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest