Follow Us

Ini Fakta Sebenarnya Jangkauan 4G dan 4.5G Operator di Jabotabek

Wahyu Subyanto - Rabu, 24 Januari 2018 | 19:15
BTS 4G
tribunnews

BTS 4G

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id-Kecepatan internet operator adalah hal yang dikeluhkan sehari-hari oleh masyarakat.Mereka sudah merasa memakai smartphone 4G terbaru, paket internet kuota besar, hingga berganti operator.Namun keluhan masih terus muncul, mulai dari sulit koneksi, internet lemot, atau terputus tiba-tiba.Selain kecepatan internet yang kurang, jangkauan sinyal 4G juga kurang merata.Operator selalu mengklaim sudah melayani banyak kota di Indonesia, dan terus bertambah.

(BACA : Aplikasi Sering Update Sendiri? Lakukan Hal Ini Agar Kuota Tak Jebol )Namun faktanya, jaringan 4G hanya bisa dinikmati di kota-kota, itu pun tak cukup cepat.Memang, jumlah pengguna internet terus meningkat dengan kebutuhan internet yang makin cepat dan makin banyak.Hal itulah yang terus menerus dikejar oleh operator, dengan menambah BTS dan kapasitas internet secara bertahap.

Dengan hal itu, operator mengklaim bahwa internet sudah merata dan ada di mana-mana.

Kecepatan internetnya juga dikatakan sudah bagus dan stabil.

Kenyataan di lapangan tak seperti itu.Karena itu pelanggan harus mengeceknya sendiri, apakah wilayahnya sudah terjangkau internet 4G atau belum.Kalau pun sudah ada sinyal 4G, berapa kecepatan downloadnya?

(BACA : 5 Pilihan Smartphone Samsung Murah Cuma Rp 2 Jutaan Layak Beli )Pelanggan tentu tak bisa menggunakan data dari operator yang cenderung berkata bagus, karena yang merasakan lemotnya koneksi internet adalah si pelanggan sendiri.Nah, ternyata ada sebuah situs yang mengumpulkan data riil di lapangan, tentang kondisi sebenarnya jangkauan sinyal operator dan kecepatan downloadnya.

Situs dan aplikasi bernama nperf ini mengambil data langsung dari smartphone tiap pengguna.Jutaan pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, bisa download aplikasi nPerf, lalu memakainya untuk mengecek kualitas koneksi operator, sekaligus mengumpulkan data bersama-sama.

(BACA : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8+ (2018), Review Lengkap )

Dari data tentu tak bisa ditolak oleh operator, karena ini data riil yang ada di lapangan, yang diambil oleh masing-masing pengguna yang jumlahnya sangat banyak itu.Dari data tersebut, ditunjukkan dalam warna Biru (2G), Hijau (3G), Oranye (4G) dan merah (4G+ atau 4.5G).

(BACA : HMD Global Hadirkan Ponsel Nokia dengan 5 Kamera di Ajang MWC 2018 )Dari data tersebut, terlihat bahwa saat ini jaringan 4.5G paling luas di Jabotabek adalah sebagai berikut :1. Smarftren2. BOLT.3. Tri4. Telkomsel5. XL4. IndosatSementara untuk jaringan 4G agak sulit dibandingkan karena operator bisa dibilang sudah merata cakupannya.Untuk jaringan 4G ini, kecuali BOLT yang memang ijinnya terbatas, semua operator punya cakupan yang lebih luas dan merata.

Anda juga bisa mengeceknya sendiri dengan download aplikasi gratis bernama nPerf di Google Play.

Jangan heran ya, soalnya nanti ketemunya aplikasi bernama Speed Test & QoS 3G 4G WiFi.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest