Follow Us

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8+ (2018), Review Lengkap

Wahyu Subyanto - Rabu, 24 Januari 2018 | 17:03
Dual Front Camera Galaxy A8+
Samsung

Dual Front Camera Galaxy A8+

Laporan wartawan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id-Awal tahun 2018 dibuka oleh Samsung Mobile Indonesia dengan merilis secara resmi, dua smartphone kelas menengah, Galaxy A8 (2018) dan Galaxy A8+ (2018).Sebagai produk yang paling banyak terjual di Indonesia, kabar beredarnya produk Samsung tentu langsung menarik perhatian khalayak.Apalagi Samsung tampil beda dari vendor smartphone umumnya, yang lebih banyak bersaing dalam hal spek tinggi dan harga terjangkau.Samsung menyatukan launching dua jagoannya dengan konsep yang matang dan segmen yang jelas.

(BACA : Ternyata Begini Cara BlackBerry KEYone Usir Virus dan Malware )Secara segmen, dua produk ini ditujukan bagi milenial yang suka akan perangkat teknologi berdesain stylish dan tampak keren, dengan kinerja tinggi.Target utamanya adalah milenial yang sedang mendaki karir atau mengejar kesuksesan akan bisnis dan aktifitasnya.Kaum milenial ini juga suka sekali selfie, nge-vlog, serta melakukan traveling ke banyak tempat.Secara desain, keduanya memang sama persis tampilannya.

(BACA : Cara Mudah Melihat Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus Teman, Yuk Intip! )

Pembedanya ada di ukuran layar dan jeroan speknya.Sementara perbedaan spek ada pada RAM dan ROM, serta kapasitas baterai.Galaxy A8 (2018) punya RAM 4GB ROM 32GB, dengan baterai 3000mAh.Sedangkan Galaxy A8+ (2018), dibekali RAM 6GB ROM 64GB, dengan baterai 3500mAh.Sementara kinerja keduanya sama-sama ditopang oleh prosesor buatan Samsung sendiri, Exynos 7885 Octa-core dan GPU Mali-G71.

Samsung Galaxy A8 (2018) dan A8+ (2018)
notebookcheck

Samsung Galaxy A8 (2018) dan A8+ (2018)

(BACA : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Y1 Lite Alias Redmi Note 5A, Hape Murah Rp 1 Jutaan )Lalu berapa harga yang ditawarkan? Samsung Galaxy A8 (2018) harganya 6,499 juta, sedangkan Galaxy A8+ (2018) Rp 8,099 juta.

Desain Ala Galaxy S8Desain Samsung kelas atas Galaxy S8 mengalir dalam dua produk ini.Yang utama adalah desain Infinity Display, yang juga sudah muncul di seri kelas atasnya, Galaxy S8 dan S8+ tahun lalu.Bedanya, pinggiran layar kacanya datar, bukan lengkung.Sisi-sisi layar yang melengkung seperti itu memang menambah tampilan lebih keren, tapi tak menambah fungsi.Infinity Display ini adalah istilah ala Samsung untuk produknya yang berdesain minim bingkai (bezel-less).

(BACA : 5 Pilihan Smartphone Samsung Murah Cuma Rp 2 Jutaan Layak Beli )

Sisi depan belakang berupa kaca yang berlapis Gorilla Glass, sementara bingkainya berbahan metal yang kuat.Uniknya, meski berlapis kaca yang keren di depan belakang, itu tak membuatnya licin saat digenggam.Apalagi kalau dipakai hard case yang ada di paketnya.

Berlayar 6 inci, hape ini tak terasa besar karena bentuknya memanjang ke atas.Jadi digenggam satu tangan masih terasa nyaman saja. Buat yang suka menyimpan banyak aplikasi dan foto-foto, bisa leluasa karena memori internalnya besar ditambah ada slot khusus microSD hingga 256GB.

(BACA : HMD Global Hadirkan Ponsel Nokia dengan 5 Kamera di Ajang MWC 2018 )

Penempatan tombol dan port terasa mudah dijangkau, yaitu slot SIM1 di atas, slot SIM2 dan slot microSD di samping kiri, serta tombol power dan volume di kanan.Port usb type C dan jack audio ada di bawah, sementara di belakang ada kamera dan flash, serta fingerprint.Penempatan fingerprint di bawah kamera belakang ini terasa lebih mudah dijangkau, dibanding tipe sebelumnya yang ditaruh di samping kamera.Tak seperti hape lain, speaker mono ada di samping kanan, membuat suara tak teredam dalam posisi apapun.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest