Follow Us

Trafik Data Naik 40 Persen Lebih, XL Axiata Siapkan 5G Lewat Fiberisasi Jaringan

Wahyu Subyanto - Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:37
Teknisi XL Axiata menyiapkan BTS
XL Axiata

Teknisi XL Axiata menyiapkan BTS

Nextren.com - Operator seluler XL Axiata terus mendukung pembangunan Indonesia lewat penyediaan jaringan telekomunikasi dan data andal.

Hal itu ditegaskan kembali oleh manajemen XL Axiata saat menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dengan menunjukkan sejumlah program yang telah dicapai perusahaan selama ini.

Salah satunya adalah pembangunan jaringan data yang sangat massif yang kini telah mampu memberikan akses masyarakat di berbagai daerah, termasuk di daerah-daerah terpencil yang sebelumnya sama sekali belum memiliki akses ke jaringan internet. Menurut Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangannya kepada Nextren (18/8), saat ini jaringan data 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 450 kota/kabupaten di hampir seluruh provinsi Indonesia.

Baca Juga: Lebih dari 3 Miliar Penduduk Dunia Main Game, Asia Mendominasi

Total panjang jaringan backbone fiber optik mencapai lebih dari 45 ribu ribu kilometer.

Setiap tahun, jangkauan jaringan data tersebut diklaim semakin luas sehingga semakin banyak menjangkau masyarakat hingga ke pelosok-pelosok daerah.

"Perluasan pembangunan jaringan akan terus kami laksanakan, termasuk menjangkau wilayah yang lebih sulit dan terpencil di Kawasan Timur Indonesia,” ujar I Gede. Kapasitas jaringan data XL Axiata juga terus ditingkatkan seiring dengan semakin meningkatnya trafik layanan data setiap tahun.

Baca Juga: Facebook dan Instagram Siap Satukan Fitur Pesan Menjadi Satu

Hingga semester 1 2020, trafik data telah meningkat lebih dari 40% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kapasitas jaringan yang telah ditingkatkkan sebesar 2x lipat akan mampu melayani peningkatan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah guna mengindari penyebaran Covid-19. Total BTS yang kini menopang layanan kepada seluruh pelanggan mencapai lebih dari 133.000 BTS, dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS 4G/LTE.

Jumlah BTS ini juga terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan pelaksanaan program peningkatan kualitas jaringan dan perluasan daerah layanan.

Baca Juga: Flash Sale Oppo Reno4 Ludes, Penjualan Perdananya Banjir Promo dan Diskon

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest