Follow Us

Korea Utara Dituduh Lakukan Hacking ke Sistem Keamanan Israel

Fahmi Bagas - Kamis, 13 Agustus 2020 | 09:17
Hacker

Hacker

Nextren.com - Korea Utara dan Israel sedang berada di kondisi yang menengangkan.

Pasalnya Pemerintah Israel mengaku bahwa pihak keamanannya telah berhasil menggagalkan serangan siber yang diduga dilakukan oleh kelompok hacker asal Korea Utara pada hari Rabu (12/8).

Melansir dari NewYorkTimes, Kementerian Pertahanan Israel mengatakan bahwa jajarannya telah berhasil membelokkan serangan tersebut dalam waktu yang tepat dan tidak ada kerusakan atau gangguan pada sistem komputernya.

Namun, peneliti keamanan ClearSky justru mengungkapkan hal yang berbeda.

Baca Juga: Garmin Akui Sistemnya Diserang Ransomware, Bagaimana Data Pelanggan?

Perusahaan yang menemukan adanya serangan Korea Utara ke Israel itu mengungkapkan bahwa para peretas tersebut sudah berhasil menembus sistem komputer.

Jadi, kemungkinan besar kalau data-data rahasia pemerintah telah dicuri.

Lebih lanjut ClearSky juga menjelaskan, metode serangan yang dilakukan oleh Korea Utara ini berawal dari pesan LinkedIn yang dikirim ke industri pertahanan Israel bulan Juni lalu.

Baca Juga: Tiga Orang Pemuda Jadi Otak Dibalik Peretasan Akun Twitter Tokoh Dunia

Peretas Korea Utara itu menyamar sebagai headhunter Boeing yang mengirim sebuah pesan kepada seorang insinyur senior di sebuh perusahaan yang memproduksi senjata untuk militer dan intiijen Israel.

Setelah menjalin kontak dengan Israel, para peretas meminta alamat email atau nomor telepon untuk terhubung melalui WhatsApp.

Selanjutnya, para peretas pun beralih ke panggilan langsung untuk meningkatkan kredibilitasnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest