Follow Us

Yuk, Saksikan Suasana Ramadhan di Mekkah

Fatimah Kartini Bohang - Selasa, 14 Juli 2015 | 15:09
Snapchat Live dari Mekah
Snapchat

Snapchat Live dari Mekah

Beberapa hari menjelang Idul Fitri, Snapchat mengajak kita turut merasakan suasana Ramadhan di Mekkah. Melalui fitur Snapchat Live, kita dibawa berkeliling Mekkah, melihat orang-orang yang tengah beribadah, dan mendengarkan kesan mereka tentang tanah suci tersebut.

"Ikuti perjalanan kami ke Mekkah untuk Laylat Al-Qadr," begitu tulisan awal saat kamu membuka Snapchat Live dari Mekkah, Selasa (14/7/2015).

Dalam kepercayaan umat Muslim, Laylat Al-Qadr adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di mana, pada malam ini ayat kitab suci Al-Quran yang pertama diyakini diturunkan.

Berbagai cuplikan video dari para Snapchatter bisa kamu saksikan dengan total durasi 350 detik. Video yang paling banyak diunggah memperlihatkan Kabah sebagai ikon Mekkah. Ribuan umat muslim berpakaian putih yang mengelilingi Kabah terlihat seperti kerumunan semut.

Belum lagi adzan berkumandang yang menambah keseruan suasana ibadah di sana. "Semua orang dari berbagai latar belakang budaya berkumpul di sini," kata seorang Snapchatter.

Snapchat Live dari Mekah
Snapchat

Snapchat Live dari Mekah

Para Snapchatter tampak begitu bersemangat menceritakan pengalaman masing-masing. Tak hanya pengalaman beribadah, namun juga pengalaman melihat proses pembuatan makanan ala Timur Tengah.

Salah satunya adalah proses pembuatan sambosa, yakni kudapan khas Timur Tengah. Adapula proses pengemasan buah kurma dan camilan lainnya untuk disajikan pada saat buka puasa.

Di Mekkah, tajil gratis disediakan di mana-mana. Kamu bisa mencomotnya dan menikmati bersama umat lainnya sembari menunggu shalat maghrib berjamaah.

Kekhasan lain dari Mekah adalah air zam-zam. Yakni air suci dari mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram. Para Snapchatter pun tak mau kelewatan merekam pengambilan air zam-zam.

Dalam durasi 350 detik, aktivitas sehari penuh di Mekah bisa turut kamu rasakan. Dari pagi hingga malam setelah shalat Tahajjud. Di pengujung video, terpatri gambar atap Masjidil Haram disertai tulisan "Selamat malam Mekah".Saksikan video lengkapnya di aplikasi Snapchat via Live Stories. Buat yang belum punya aplikasinya bisa mengunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Snapchat Live dari Mekah
Snapchat

Snapchat Live dari Mekah

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest