Follow Us

Inggris Minta Jepang Bantu Membangun 5G Pengganti Huawei

Zihan Fajrin - Minggu, 19 Juli 2020 | 13:44
Ilustrasi pencekalan Huawei.
Gizchina

Ilustrasi pencekalan Huawei.

Nextren.com - Setelah pemerintah Inggris, nampaknya pemerintah lain akan ikut mencekal keberadaan Huawei.

Nikkei sebuah media Jepang mengatakan pemerintah Inggris meminta Jepang untuk membantu membangun jaringan nirkabel 5G tanpa Huawei Technologies. (19/7)

Ini bisa dianggap sebagai langkah lebih lanjut dalam perang teknologi dan keamanan global antara Amerika Serikat dan Cina.

Inggris juga tidak hanya menyarankan Jepang untuk tidak menggunakan Huawei, ia juga menyarankan beberapa perusahaan untuk mengembangkan jaringan 5G di negara bunga sakura tersebut.

Baca Juga: Tak Hanya Penyadapan Informasi, Ini Bahaya Terbesar Teknologi 5G Huawei Sehingga Ditolak AS Inggris dan Jepang

Harian bisnis melaporkan Inggris menunjuk NEC Corp dan Fujitsu Ltd sebagai pemasok alternatif potensial bagi Huawei.

Mengambil laporan dari Nikkei lagi, para pejabat Inggris bertemu dengan rekan-rekan mereka di Tokyo pada hari Kamis (16/7), dua hari setelah Inggris memerintahkan peralatan Huawei dibersihkan dari jaringan 5G pada akhir 2027.

Mengutip Reuters, ketika Inggris bersiap untuk meninggalkan Uni Eropa, kekhawatiran akan keamanan Huawei telah memaksa Perdana Menteri Johnson untuk memilih antara Amerika Serikat dan Cina.

Serta juga menimbang aliansi kritis terhadap miliaran investasi.

Baca Juga: Huawei Enjoy 20S Bocor di Sertifikasi TENAA, Ini Rumor Spesifikasinya

Inggris yang jadi mencekal adanya Huawei juga dikaitkan dengan laporan dari National Cyber Security Center yang mengklaim adanya ancaman keamanan baru dari Huawei.

Meski sudah diketahui alasan pencekalan tersebut pihak Huawei masih merasa bahwa jaringan yang merak buat itu aman.

Source : Reuters

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest