Follow Us

Start Summit Extension Tokopedia Bahas Inovasi Teknologi Para Developer Saat Pandemi

Zihan Fajrin - Selasa, 23 Juni 2020 | 18:30
Start Summit Extension Tokopedia

Start Summit Extension Tokopedia

Nextren.com - Start Summit Extension merupakan acara yang pernah diselenggarakan Tokopedia yang membahas persoalan teknologi.

Pada bulan Juni ini, Tokopedia hadirkan Start Summit Extension Empowering Indonesia Through Technology dan dikatakan akan menjadi acara yang berkelanjutan per bulan-nya. (16/6)

Dalam acara ini terdapat dua sesi pembahasan yang dimana pada sesi pertama topiknya 'The Essentials of Making an App' dan di sesi kedua topiknya 'How Open API Can Help Empower Sellers'.

Pada sesi pertama menjelaskan pentingnya peran developer untuk mewujudkan perencanaan yang baik dalam membuat aplikasi.

Baca Juga: Viral! Sabun Mandi Partai Golkar Dijual di Tokopedia Rp 249 Ribu

Rico Harisin, Head of Engineering-Android mengatakan tujuan dari planning atau perencanaan adalah mempersempit lingkup pekerjaan kita, dan menentukan tujuan yang kita inginkan

Rico dan Nathania Sutedja, Android Engineering Manager juga menjelaskan bagaimana developer bisa membagi tahapan pengembangan aplikasi.

Terdapat enam tahap yakni Planning and Requirement Gathering, Analysis, Design, Implementation, Testing and Integration, dan Maintenance.

Pada tahapan testing menurut Nathnia sangat penting karena menentukan kualitas dan performa aplikasi kita kedepannya.

Baca Juga: Oppo A92 Disney dan Pixar Toy Story Bundling Bisa Dibeli di Tokopedia

Secara umum, ada tiga cara untuk melakukan testing, yakni Local Unit Testing, Instrument Test (Functional & UI), serta Manual Test.

"Saat ini, banyak developer yang menggunakan Manual Test, padahal sebenarnya kita bisa mempercepat waktu pengerjaan dengan menggunakan Automation Test yakni Local Unit Testing atau Instrument Test," ujar Nathania kepada penonton di Tokopedia Play dan YouTube Live.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest