Follow Us

Strategi 3 Negara Sukses Basmi Corona: Taiwan, Hongkong, Vietnam

Wahyu Subyanto - Selasa, 19 Mei 2020 | 19:44
Virus Corona menyebar dengan cepat
businessinsider.sg

Virus Corona menyebar dengan cepat

Nextren.com - Pandemi viru corona covid-19 benar-benar melanda seluruh dunia.

Negara-negara besar bertumbangan dengan jumlah positif terinfeksi dan meninggal sangat banyak, seperti Amerika, Italia, Inggris, Spanyol.

Namun ternyata beberapa negara di Asia terlihat berhasil menahan infeksi dan penyebaran virus Corona, yaitu Taiwan, Hong Kong, dan Vietnam.

Di negera tersebut, jumlah kasus positif baru makin mengecil, bahkan mulai menghilang.

Tentu hanya sedikit negara yang bisa mencapai hal seperti ini, meski bisa saja muncul lagi sebagai gelombang kedua, seperti di China dan Korea Selatan.

Baca Juga: Gratis Kuota Data 30GB untuk 10 Ribu Guru dari Kemdikbud dan Google

Lalu apa sebenarnya yang mereka lakukan, sehingga bisa menekan penyebaran virus dengan baik, sementara banyak negara besar lainnya tak bisa?

Seperti disampaikan banyak ahli, ternyata otoritas negara-negara itulah yang bisa cepat memutuskan untuk menahan penyebaran virus dengan berbagai cara.

Mereka juga belajar dari pengalaman menangani wabah SARS, sebuah penyakit pernafasan yang mirip covid-19, dan pernah terjadi sekitar 20 tahun lalu.

Di Taiwan yang punya 24 juta penduduk, kini hanya ada 440 kasus positif covid-19, lalu 395 sedang menjalani pemulihan, dan hanya 7 kematian.

Baca Juga: 11 Hape Lebaran Pilihan Kelas Menengah Harga Rp 3 Sampai 5 Juta

Lalu di Hong Kong dengan 7,5 juta penduduk, kasus positif Corona ada 1.055 kasus, dengan 1.024 orang sedang pemulihan, dan hanya 4 kematian saja.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest