Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextrem.com - Di tengah pandemi yang belum menentu kapan berakhirnya banyak upaya pengusaha untuk mendapat keuntungan.
Apalagi dengan adanya penerapan PSBB, pengusaha atau penjual dipaksa untuk mengalihkan transaksi dan menawarkan barang yang mereka jual melalui online.
Banyak e-commerce di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, JD.id, dan Blibli.com yang bisa digunakan untuk menawarkan barang dagangan mereka.
Namun bukan berarti pengguna tidak bisa memulai dari media sosial bila usahanya di e-commerce tidak begitu baik.
Baca Juga: WhatsApp Nantinya Bisa Video Call Untuk 50 Orang, Makin Berguna Deh!
Dalam berjualan di media sosial seperti Facebook harus memerlukan tips agar bisa berjualan secara efektif.
Bagi pengusaha yang mungkin sebelumnya menjalankan usaha mereka di toko offline mungkin bisa mengingatkan dalam postingan Facebook Fanpage khusus berjualan bahwa usaha mereka pindah ke layanan online.
Selain itu penjual atau pengusaha juga perlu untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara rutin agar tidak menghilangkan kepercayaan pelanggan.
Facebook hadirkan fitur tanggapan otomatis di Messenger dan Instagram khusus bisnis agar ketika konsumen bertanya ada beberapa informasi yang mungkin dibutuhkan.
Baca Juga: Dewan Pengawas Konten Facebook Berwenang Melawan Mark Zuckerberg, Ada Wakil Indonesia Loh
Untuk menarik lebih banyak pelanggan, penjual juga perlu menghadirkan acara online seperti sesi live di Facebook atau Instagram.