Follow Us

Pergerakan Bulan Bisa Terekam oleh Kamera DSLR

Oik Yusuf - Senin, 06 Juli 2015 | 15:03
Potongan video permukan bulan yang direkam oleh Lothar Lenz dengan kamera Nikon P900
Lothar Lenz/ YouTube

Potongan video permukan bulan yang direkam oleh Lothar Lenz dengan kamera Nikon P900

Seberapa jauh jangkauan lensa zoom optik 83 kali yang dimiliki kamera DSLR Nikon P900? Ternyata cukup untuk “membawa” pemiliknya mendekati bulan.Seorang pengguna P900 asal Jerman bernama Lothar Lenz menguji kemampuan kamera tipe super zoom ini dengan cara merekam video bulan. Hasilnya cukup membikin berdecak kagum karena P900 mampu menampilkan bulan dengan detil, termasuk beragam bentuk kawah meteor di permukaannya, seperti bisa disimak di bawah. Gerakan perlahan bulan mengorbit bumi pun terlihat.

Informasi yang dihimpun Nextren dari Digital Trends (3/7/2015) menyebutkan bahwa video bulan hasil rekaman Lenz memiliki tingkat zoom 166x. Artinya dia turut memanfaatkan fasilitas digital zoom pada P900 untuk mendekatkan gambar lebih jauh ke bulan. Gambarnya sedikit bergoyang dan buram karena tingkat zoom yang sangat jauh itu.Pada akhir video, Lenz melakukan zoom out sehingga penonton “seolah” kembali ke bumi.

Kamera Nikon P900
Nikon

Kamera Nikon P900

Super-zoom adalah jenis kamera saku bergaya DSLR yang dibekali lensa dengan rentang focal length luas dan sering disebut “prosumer” atau “bridge camera”.Di antara tipe kamera ini, Nikon P900 yang di Indonesia dijual seharga Rp 6,3 juta termasuk salah satu model yang menawarkan jangkauan zoom terjauh, setara 24-2000mm (ekuivalen full-frame.). Bicara soal bulan, fotografer amatir Dylan O’Donnel baru-baru ini berhasil menangkap gambar stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) terbang melintasi bulan dalam orbitnya mengelilingi bumi.O’Donnel memakai kamera Canon EOS 70D yang dipasangi teleskop Celestron 9,25 inci dengan focal length setara 2300 mm f/10 (ekuivalen full-frame).Dia mengambil foto dengan mode burst karena ISS hanya melintasi bulan dalam waktu sangat singkat, yakni 0,3 detik saja. Hasil jepretannya bisa dilhat di bawah.

Foro ISS melintasi bulan, jepretan Dylan O’Donnel
Dylan O’Donnel

Foro ISS melintasi bulan, jepretan Dylan O’Donnel

Source : Digital Trends

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest