Follow Us

Bahaya! 30 Aplikasi Kamera Android Ini Diam-diam Curi Data Pengguna

None - Jumat, 24 Januari 2020 | 21:00
Google Play Store
9to5Google

Google Play Store

Nextren.com - Meski Google Play Store merupakan platform resmi penyedia aplikasi untuk pengguna Android, nyatanya tak menutup kemungkinan masih ada sejumlah aplikasi yang dapat merugikan penggunanya.

Menurut laporan terbaru dari CyberNews, ada sederet aplikasi populer di Google Play Store yang ternyata dapat mencuri data-data milik pengguna.

Sebagian besar adalah aplikasi kamera yang kerap digunakan untuk mempercantik hasil jepretan. Bahkan tak sedikit aplikasi yang meminta lebih dari 7 izin akses perangkat milik pengguna.

Aplikasi tersebut meminta sejumlah izin untuk mengakses mikrofon guna merekam suara, melacak lokasi pengguna, akses untuk membaca status ponsel, dll.

Baca Juga: Hacker Gunakan Game Fortnite Untuk Cuci Uang Pencurian Kartu Kredit

Dihimpun dari 91Mobiles, Jumat (24/1/2020), Cybernews mencatat, setidaknya ada 30 aplikasi yang secara diam-diam mengumpulkan data pengguna, menampilkan iklan berbahaya dan mengarahkan pengguna ke halaman phishing.

Tak hanya itu, beberapa aplikasi dalam daftar tersebut juga dapat mengaktifkan kamera smartphone tanpa sepengetahuan pengguna.

Aplikasi itu juga dapat mengirimkan tautan berisi konten asusila tanpa izin.

Dalam laporannya, Cybernews menjelaskan bahwa 30 aplikasi itu telah diunduh oleh 1,4 miliar pengguna Android di seluruh dunia.

Bahkan salah satu aplikasi yang sangat populer yaitu Meitu diketahui tetap mempertahankan aplikasinya lantaran memiliki lebih dari 300 juta unduhan.

Baca Juga: Instagram Kenalkan Data Download, Solusi Anti Hack dan Pencurian Data\

Menurut CyberNews, sebagian besar aplikasi ini berasal dari pengembang yang berbasis di China dan Hong Kong.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest