Laporan wartawan Nextren, Nicolaus Prama
Nextren.com – Sempat dianggap remeh dan dicap aplikasi alay, TikTok sukses melakukan rebranding dalam beberapa tahun terakhir.
Bahkan, dalam beberapa survey yang dilakukan lembaga riset, TikTok mampu menempati aplikasi video terlaris pertama.
TikTok bahkan mengungguli Instagram dan YouTube sebagai pelopor aplikasi platform video sharing.
Baca Juga: Rangkuman TikTok di 2019, Mama Gempi Sampai Anji Ikutan Main TikTok
Peningkatan performa TikTok juga ditunjukkan melalui laporan keuangan terbaru, kuartal keempat 2019 kemarin.
Dari data yang diperoleh Apptopia, TikTok diklaim memiliki peningkatan pemasukan hingga 310 persen dari tahun lalu.
Artinya, TikTok pada kuartal keempat 2019 kemarin menerima pemasukan hingga 3 kali lipat dibandingkan kuartal keempat 2018.
TikTok diprediksi mendapat pemasukan hingga $50 juta pada kuartal keempat 2019, naik dari $20 juta pada kuartal ketiga 2019.
Dengan capaian ini, maka TikTok berpotensi mendapat pemasukan hingga milyaran Rupiah per tahunnya.
Capaian TikTok oleh Apptopia juga didukung oleh lembaga riset lainnya, Sensor Tower.