Follow Us

Para Pengembang Aplikasi Indonesia Ditantang untuk Kembangkan IoT Lewat Sigfox Build

Wahyu Subyanto - Sabtu, 21 Desember 2019 | 09:00
Salah satu contoh produk Low Powered IoT dari Sigfox
Electronics Weekly

Salah satu contoh produk Low Powered IoT dari Sigfox

Nextren.com – Sigfox Indonesia ingin memajukan perkembangan penggunaan Internet of Things (IoT) di Indonesia dengan memprakarsai program Sigfox Build.

Ini adalah wadah bagi para pembuat atau produsen piranti sensor dan pengembang aplikasi atau program.

Kolaborasi antara pembuat piranti sensor dan pengembang aplikasi akan menciptakan sebuah ekosistem IoT tepat guna didukung dengan infrastruktur jaringan berdaya rendah yang disediakan oleh Sigfox Indonesia.

Tujuan dari program Sigfox Build ini adalah untuk membantu dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan sektor industri tanah air dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca Juga: Intelligent Tank Monitoring System, Solusi IoT Telkomsel Pantau Bahan Bakar Real-Time

Lewat program Sigfox Build, Sigfox Indonesia akan menyediakan desain piranti dan aplikasi, pengembangan prototipe hingga pendampingan untuk mendapatkan sertifikasi produk dan pembekalan dalam pengembangan bisnis.

Pemantapan talenta lokal dibutuhkan untuk mewujudkan ekosistem IoT, sesuai dengan proyeksi Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI).

Indonesia akan membutuhkan sekitar 400 juta piranti IoT pada tahun 2022, sejalan dengan regulasi yang telah diterbitkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait LPWA (Low Power Wide Area Network). Irfan Setiaputra selaku CEO Sigfox Indonesia mengatakan, “Program Sigfox Build didasari dengan besarnya potensi anak bangsa untuk mendukung implementasi IoT di Indonesia."

Baca Juga: Solusi IoT Siap Pakai dari Intel dan Synnex Metrodata untuk Industri di Indonesia

Lewat program ini, Sigfox berupaya mencari pengembang aplikasi dan piranti hingga ke pelosok daerah di seluruh nusantara untuk menjadi bagian dari ekosistem IoT Sigfox.

Untuk itu Sigfox akan memberikan pembekalan dalam proses pengembangan solusi IoT mulai dari proses awal perancangan hingga peluncuran dan pendampingan bisnis.

Peluang bisnis ini tak hanya mencakup kebutuhan pasar lokal saja, namun para developer yang tergabung dalam Sigfox Build juga memiliki peluang untuk masuk ke pasar piranti IoT global.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest