Follow Us

Guru Kreatif yang Piawai Manfaatkan Teknologi, Guru Masa Kini di Era Industri 4.0

Wahyu Subyanto - Senin, 25 November 2019 | 13:00
ilustrasi belajar di kelas
thatslife

ilustrasi belajar di kelas

Nextren.com – Kelas Pintar, sebuah aplikasi belajar online buatan PT. Extramarks Education Indonesia, menggelar workshop bertema " Guru Kreatif, Guru Masa Kini di Era Industri 4.0", bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Workshop yang digelar dalam rangka memperingati hari guru ini jadi salah satu bentuk komitmen Kelas Pintar dalam usahanya memangkas disparitas pendidikan berkuallitas melalui teknologi.

Turut hadir dalam acara tersebut Ida Nurbani, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pengawas dan komite sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Ida Nurbani mengatakan, “Guru memiliki posisi paling strategis. Namun bila posisi itu tidak berfungsi secara maksimal maka bisa berdampak buruk bagi masa depan Indonesia. Mengingat begitu pentingnya peran guru, maka perlu dicarikan strategi atau semacam cara khusus agar guru benar-benar bisa berfungsi dengan semestinya sesuai dengan era nya saat ini”.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Matematika Paling Lengkap, Download di Sini

Hadir pula Bunda Lucy Santioso, seorang psikologi anak yang membahas tentang pentingnya guru untuk memperhatikan karakter siswa agar apa yang dipelajari di sekolah mudah dipahami dan siswa pun dapat belajar dengan fun.

Acaranya sendiri dibuka oleh Fernando Uffie, Country Manager Extramarks Education Indonesia. Pada kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Uffie ini menegaskan tentang peran penting guru yang tidak mungkin tergantikan oleh teknologi.

"Dalam proses pendidikan di sekolah, dimana Kurikulum, Guru, dan Pembelajaran jadi variabel utama, maka peran guru adalah sentral-nya. Perannya tidak tergantikan. Teknologi hadir untuk meng-empower peran Guru agar bisa men-deliver Kurikulum kepada siswa secara maksimal," jelas Uffie.

Menurutnya, kehadiran teknologi untuk menguatkan peran guru adalah sebuah keniscayaan. Terlebih di era industri 4.0 dimana guru dituntut untuk lebih kreatif dalam proses belajar mengajar.

Baca Juga: Ableton Ajak Belajar Musik Synthesizers Hanya Melalui Browser

Sementara di sisi lain, guru punya rutinitas padat, mulai dari membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang cukup menyita waktu guru sebelum mengajar, membuat soal, memeriksa pekerjaan rumah, memeriksa hasil ujian, sampai perlu memasukan nilai di raport. Ditambah lagi, perlu mengejar jam mengajar agar bisa memperoleh sertifikasi.

"Guru Masa Kini di era industri 4.0 harus melek teknologi, agar lebih kreatif dan berkarakter. Khususnya dalam proses belajar mengajar. Karena siswa di era digital sekarang ini punya preferensi cara belajar yang beragam. Dominan adalah generasi visual. Sehingga metode penyampaian materi juga perlu disesuaikan, perlu campur tangan teknologi di dalamnya," kata Uffie.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest