Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo
Nextren -Dalam beberapa tahun terakhir ini kata influencer rasanya makin akrab di telinga masyarakat Indonesia.
Hal ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan media sosial yang berhasil memunculkan banyak sosok dengan pengaruh yang luar biasa.
Seiring berjalannya waktu, para sosok penting di media sosial ini menyandang gelar influencer karena kemamupuannya untuk memberikan pengaruh (influence) bagi para pengikutnya.
Baca Juga: Upaya Startup Wahyoo Digitalkan 12 Ribu Warteg dan Pedagang Kaki Lima
Malahan saat ini mulai banyak orang yang mencoba meraih gelar influencer karena tergiur dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapat.
Satu yang pasti adalah endorsement dari beragam produk dengan nilai yang fantastis.
Belakangan muncul fenomena influencer virtual atau animasi di media sosial.
Seperti namanya, para influencer ini bukanlah berasal dari kalangan manusia nyata, melainkan citra digital.
Kepopuleran influencer virtual ini juga semakin menjadi-jadi, terutama di Instagram yang memang fokus pada konten visual.
Baca Juga: Paket Freedom Internet dari IM3 Ooredoo, Rp 25 Ribu Untuk Kuota 3GB per Bulan