Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo
Nextren.com -Dua hari yang lalu, Presiden RI Joko Widodo resmi mengumumkan lokasi ibu kota negara yang baru.
Presiden Joko Widodo mengumumkan kalau ibu kota baru ini akan berlokasi di sebagaian wilayah Penajam Paser Utara dan sebagian wilayah Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.
Setelah pengumuman itu, tentunya hal ini menimbulkan reaksi yang beragam dari para netizen di media sosial (medsos).
Berkaitan dengan itu, Indonesia Indicator (I2) melakukan sebuah riset kecil mengenai respon para netizen.
Baca Juga: Inilah 10 Tagar yang Ramaikan Twitter di 2019, Yuk Rayakan #HariTagar
Mengutip Kompas.com, setidaknya ada 93.321 obrolan dari sekitar 26.435 akun asli dan 1.731 akun bot yang membahas tentang pemindahan ibu kota baru di Twitter.
“44,5 persen netizen yang merespons berusia 18-25 tahun, sementara 38 persen netizen berusia 26-35 tahun. Isu ini menarik perhatian milenial karena cukup mengejutkan, tidak disangka-sangka dan memberikan mereka imajinasi yang kreatif,”
Ujar Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2).
Dari sederet respon itu. Rustika mencatat ada 3 emosi utama yang muncul, yaitu anticipation, surprise, dan trust.
Emosi bersifat anticipation biasanya berisi obrolan yang berkaitan dengan harapan, kecemasan, dan kekhawatiran.