Nextren.com - XL Axiata telah melaksanakan fiberisasi secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.
Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber.
Hal itu termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.
Target XL Axiata, hingga akhir tahun 2019 nanti 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70% pada akhir 2020.
Fiberisasi yang saat ini terus berlangsung juga diklaim telah mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G.
Guna mengujinya, XL Axiata menyelenggarakan program khusus “Digi Race Competition 2019”.
Event ini akan diikuti oleh 12 praktisi sosial media independen yang sangat intensif memanfaatkan layanan data.
Mereka adalah Dimas ramadhan, Wulan Nurul Fitroh, Olivia Gosandra, Den Dimas, Joe Angin, Kevin Anggara, Ghandy November, Reza Alif, Aggiangga Muliyadi, Berlian marshella, Tya Mihoo, Bisma Khasrisma.
Baca Juga: 4 Aplikasi Yang Bisa Bantu Kamu Jadi Influencer di Instagram
Kegiatan ini diharapkan dapat mencapai sekitar 10 juta orang melalui berbagai media sosial dan kanal digital.
Para peserta yang semuanya cukup popular di dunia digital tersebut akan melakukan berbagai jenis aktivitas digital di jaringan data XL Axiata yang dikemas dalam satu kompetisi.
Dalam kompetisi ini, mereka harus melakukan perjalanan ke beberapa kota melalui rute yang telah terlayani jaringan data XL Axiata yang telah difiberisasi. Pada kegiatan berlangsung selama 4 hari, antara 22-25 Agustus 2019 tersebut, mereka harus menyelesaikan berbagai tantangan berupa kuis dengan pertanyaan-pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube, Spotify, Instagram, dan Netflix.