Laporan Wartawan Nextren, Wahyu Prihastomo
Nextren.com -Dari jutaan atau bahkan miliaran konten di Youtube, tentunya ada satu jenis konten yang menjadi favorit para penonton.
Sebuah lembaga riset bernama Pew Research Center baru-baru ini melakukan riset kepada 30.000 channel berbahasa Inggris di Youtube.
Riset ini dilakukan selama beberapa bulan terakhir sejak akhir tahun 2018 lalu.
Tujuan utamanya adalah untuk mencari jenis konten seperti apa yang paling banyak diminati pecinta Youtube.
Baca Juga: YouTuber Cilik Usia 6 Tahun Ini Beli Gedung Rp 153 Miliar di Lokasi Termahal Korea Selatan
Video yang dihitung adalah video yang berasal dari channel dengan punya subscriber minimal 250.000.
Hasilnya adalah, video yang menarget penonton anak-anak adalah video yang paling laris ditonton.
Dari hasil penelitian ini juga dicatat kalau video yang dibintangi oleh anak berusia sampai 13 tahun juga jadi yang paling laris.
Baca Juga: Video Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi, Dijamin Hemat Kuota!
Selain video khusus untuk anak, di posisi kedua ditempati oleh video dengan konten gaming.
Yap, beberapa tahun belakangan ini konten gaming memang main menjamur. Termasuk di Indonesia.
Dalam penelitian ini, video gaming rata-rata berhasil mendapat 120.000 penonton.
Jumlah ini jauh lebih tinggi dari konten lain, misalnya yang bertema kecantikan dan politik.
Sayangnya, banyaknya penonton anak ini justru dianggap cukup menghawatirkan.
Baca Juga: Sebanyak 3 Video YouTuber Kimi Hime Diblokir Kominfo, Ini Alasannya
Apalagi mengingat belakangan ini Youtube dianggap punya banyak konten yang tidak sesuai untuk anak.
Belakangan bahkan muncul kabar kalau Youtube akan memindahkan semua konten anak ke layanan Youtube Kids.
Rencana ini cukup meresahkan bagi beberapa konten kreator khusus anak karena dirasa bisa kehilangan viewer serta subsciber mereka.
Baca Juga: Siap-Siap Bunda, Konten Anak di Youtube Akan Pindah ke Youtube Kids
(*)