Follow Us

UMKM Berbasis Teknologi Binaan BPPT Kini Bisa Belajar dan Berjualan Lewat Bukalapak

Wahyu Subyanto - Rabu, 26 Juni 2019 | 13:55
Bukalapak

Bukalapak

Nextren.com – Bukalapak bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sepakat berkolaborasi untuk memperluas pemasaran pelaku usaha binaan BPPT.

Pelaku usaha tersebut menghasilkan produk dan jasa hasil pengembangan teknologi.

Inovasi yang ditawarkan beraneka ragam dan diharapkan dapat menjadi solusi kebutuhan masyarakat, mulai dari hortikultura organik, berbagai produk makanan dalam kemasan, solar system water pumping, hingga pembangkit uap batubara.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid dengan Kepala Balai Inkubator Teknologi BPPT Anugerah Widiyanto, disaksikan Kepala BPPT Hammam Riza.

Baca Juga: Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak Kuasai Pasar E-Commerce Pada Q1 2019

Menurut Fajrin, ruang lingkup dari kerjasama tersebut antara lain :

- pelaksanaan pelatihan pemasaran online, - kegiatan penelitian bersama, - pembentukan jejaring antara para pengusaha pemula di bidang teknologi dengan komunitas pelapak, serta- membuka peluang proyek kerja sama.

Bukalapak merupakan platform dagang-el atau e-commerce pertama yang menyelenggarakan kerjasama digital ini.

Baca Juga: Mediv, E-Commerce Unggulan Baru untuk Produk Kesehatan dan Kecantikan

Sinergi ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran dan pengembangan bakat digital yang produktif menghasilkan inovasi bagi bangsa. Kolaborasi ini sejalan dengan Riset terbaru Google dalam laporan e-Economy SEA 2018 menunjukkan bahwa ekonomi digital di Indonesia telah mencapai USD 27 miliar atau sekitar Rp 391 triliun.

Angka tersebut menjadikan transaksi ekonomi digital di Indonesia berada di peringkat pertama untuk Kawasan Asia Tenggara.

Dari angka tersebut, USD 12 miliar di antaranya disumbangkan dari sektor e-commerce.

Baca Juga: Jet Commerce Ekspansi ke Thailand dan Vietnam, Bantu E-Commerce Lokal

Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid berbagi insight tentang pemasaran digital pada acara Sinergi BPPT dengan Bukalapak di Jakarta, Selasa (25/6)
Bukalapak

Co-Founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid berbagi insight tentang pemasaran digital pada acara Sinergi BPPT dengan Bukalapak di Jakarta, Selasa (25/6)

Selama 4 tahun terakhir, e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan hingga 500 persen, yang membuat peluang pemasaran online menjadi semakin besar.

Lewat kerjasama ini, Bukalapak akan menjadi mitra National Science Techno Park yang menghidupkan ekosistem inovasi digital binaan BPPT.

Hammam Riza, Kepala BPPT mengatakan, "Kerjasama ini sangat penting bagi kami. Sebagai perusahaan rintisan anak bangsa, Bukalapak yang sudah memiliki lebih dari 50 juta pelanggan dan 4 juta pelapak menjadi mitra ideal untuk memasarkan produk inovatif buatan dalam negeri. Potensi ini membuat pemanfaatan inovasi teknologi serta pembinaan UMKM menjadi sangat krusial."

Baca Juga: Tokopedia & BukaLapak Masuk 5 Besar Aplikasi Belanja Terlaris di ASEAN

Segera setelah kesepakatan ini dibuat, tenant-tenant yang berhasil diakuisisi dalam kerjasama ini dapat memiliki sebuah QR code yang akan ditempel pada produknya.

Saat QR code tersebut di-scan, maka akan langsung tersambung ke tokonya yang berada di Bukalapak.

“Kini para pelaku usaha tak perlu khawatir lagi tak punya tempat untuk memasarkan produknya,” pungkas Fajrin. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest