Follow Us

Mudik Lebaran 2019, Trafik Layanan Streaming dan Sosmed Smartfren Melonjak

Wahyu Subyanto - Senin, 17 Juni 2019 | 20:52
Posko Ramadhan Smartfren 2019
Smartfren

Posko Ramadhan Smartfren 2019

Nextren.com - Sudah lumrah, bahwa setiap bulan Ramadhan dan hari Raya Lebaran operator telekomunikasi selalu mengalami kenaikan traffic data, tidak terkecuali Smartfren.

Namun khusus untuk tahun 2019 ini, Smartfren mencatat adanya kenaikan trafik komunikasi khususnya melalui layanan streaming dan aplikasi sosial media.

“Seperti yang sudah kami prediksi, di bulan Ramadhan dan juga hari raya lebaran tahun 2019 akan terjadi kenaikan lalu lintas data, dan memang benar terjadi kenaikan khususnya di layanan streaming video, kemudian yang kedua adalah para pengguna sosial media,” ujar Sharizan Zaki Pondren, Head of Customer Experience and Analytic Smartfren, dalam keterangannya kepada Nextren (17/6).

Baca Juga: Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3 Persen di Lebaran 1440H, Tertinggi di Jawa Tengah

Berdasarkan data yang dimiliki, mobilitas pelanggan Smartfren selama mudik dan hari raya Lebaran paling banyak terjadi di Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang.

Adapun terdapat fenomena baru di tahun 2019 ini, yaitu terjadi juga peningkatan arus komunikasi dan data di sepanjang jalan tol trans Jawa.

Hal ini telah diantisipasi oleh Smartfren dengan menurunkan 180 mobile bts dan 76 kontainer di sepanjang jalur tersebut.

Baca Juga: Mudik dan Lebaran 2019, Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Terutama Medsos dan Game

Selain itu, Smartfren juga melakukan monitoring 24 jam X 7 hari dari NOC di seluruh jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan.

Sebelumnya, sudah dilakukan peningkatan kapasitas rata rata 30% yang diklaim berhasil mendukung kelancaran komunikasi pelanggan sepanjag arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

Sepanjang Ramadhan Smartfren juga menghadirkan menghadirkan beragam pilihan paket kuota internet mulai dari unlimited hingga kuota super besar.

Baca Juga: Libur Idul Fitri 2019 Trafik Data XL Axiata Naik 57 Persen, Bahkan 137 Persen di Jepara

Mulai dari paket Worry free "Super 4G Unlimited" hingga pilihan kuota super besar dari paket "Super 4G Kuota" Smartfren, juga menghadirkan beragam layanan digital mulai dari layanan super 4G video bagi para movie lovers, Super 4G Music bagi para penikmat lagu, hingga Super 4G Games, bagi para gamers. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest