Follow Us

Libur Idul Fitri 2019 Trafik Data XL Axiata Naik 57 Persen, Bahkan 137 Persen di Jepara

Wahyu Subyanto - Rabu, 12 Juni 2019 | 18:20
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS
XL Axiata

Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS

Nextren.com - Masa liburan mudik dan lebaran yang berlangsung tiap tahun, selalu menjadi ajang pembuktian kualitas jaringan operator seluler.

Pasalnya, saat mudik dan lebaran itu selalu terjadi lonjakan yang tinggi dibanding tahun lalu, bahkan di hari-hari sebelumnya.

Apalagi, tren kenaikan trafik ini makin tinggi, terutama untuk layanan data.

Terjadi pula perpindahan lokasi pelanggan dalam mengakses layanan operator selama sekitar 2 minggu, dari kota-kota besar ke daerah atau ke kampung halaman.

Baca Juga: Mudik dan Lebaran 2019, Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Terutama Medsos dan Game

Operator XL Axiata menyatakan berhasil melalui masa krusial periode lebaran (H-1 s/d H+1) Lebaran 2019 dengan performa yang baik. Selain hampir tidak ada problem jaringan yang berarti, trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa.

Sementara jika dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%.

Selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice cenderung mengalami penurunan, karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data.

Baca Juga: Pelanggan 3 Indonesia Dongkrak Trafik Mobile Legend Hingga 155 Persen Saat Mudik Lebaran 2019

Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan."

Yessie menambahkan, performa layanan saat libur panjang Lebaran juga merupakan salah satu ujian bagi dalam mengukur performa di sepanjang tahun.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest