Follow Us

facebookyoutube_channeltwitter

Masih Bingung Menggunakan Microsoft Excel? Berikut Trik Mudahnya

Dok Grid - Selasa, 09 Januari 2024 | 13:48
microsoft excel
way

microsoft excel

Laporan wartawan Nextren, Muhammad Andika Adistra.

Nextren.com-Perangkat-perangkat serta beberapa fitur yang dibuat oleh Microsoft sangat dekat dengan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, sudah jadi hal yang biasa untuk menggunakan produk-produk buatan Microsoft sehari-hari.

Dari Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point sering digunakan untuk membantu menyelesaikan beragam pekerjaan yang sedang dilakukan.

Baca Juga: Cara Membuat Poster Acara Di Microsoft Word, Mudah dan Praktis Loh!

Selain itu, Microsoft juga memiliki software untuk melakukan proses pengeditan gambar serta video.

Walaupun sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia, beberapa pengguna software Microsoft masih ada yang perlu mengetahui lebih lanjut mengenai perangkat tersebut.

Salah satunya adalah Microsoft Excel. Perangkat ini biasa digunakan untuk mengolah data dalam bentuk angka.

Maka dari itu, terdapat beberapa rumus untuk mengoperasikan perangkat lunak buatan Microsoft ini.

Namun, kamu tidak perlu menghafalkan rumus-rumus tersebut karena cukup memakan waktu yang lama untuk menghafalnya.

Kamu dapat menggunakan shortcut dari rumus-rumus yang ada pada perangkat lunak Microsoft Excel.

Berikut, beberapa shortcut yang sangat memudahkan, menyederhanakan, dan mempercepat proses pekerjaan kamu.

Pertama, Memasukkan Total Sum.

Shortcut penjumlahan

Shortcut penjumlahan

Microsoft Excel sendiri dapat dimanfaatkan sebagai kalkulator dengan proses perhitungan yang lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Cara Menghapus Halaman Kosong Microsoft Word, Mudah dan Cepat!

Perangkat lunak ini dapat melakukan proses penambahan angkat atau penghitungan total dari angka yang telah dimasukkan ke dalam Excel.

Namun, untuk melakukan hal ini, biasanya kita perlu memasukkan rumus yang ribet dan membuat waktu.

Sekarang, kamu bisa menggunakan shortcut tanpa memasukkan rumus tersebut. Kamu hanya perlu menandai semua kolom yang terdapat angka yang ingin kamu tambahkan.

Selanjutnya, kamu harus menekan tomobol "alt" dan "+". Hasil dari penjumlahan pun dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

Kedua, Memilih Semua kolom.

Shortcut kedua

Shortcut kedua

Trik kedua ini, bermanfaat untuk kamu yang ingin merubah satu kolom dari atas sampai bawah dengan mudah.

Kamu hanya perlu memilih salah satu bagian dari kolom yang ingin kamu pilih. Lalu, Kamu harus menekan tombol "CTRL" dan tombol "Space".

Maka, kamu pun dapat memilih semua kolom yang kamu inginkan.

Ketiga,Memulai Bagian yang Baru di Dalam Cell.

Shortcut ketiga

Shortcut ketiga

Saat menggunakan Microsoft excel kita sering menemukan kesulitan untuk mengetik secara cepat ke setiap bagian yang lain.

Namun, kamu yang masih mengklik terlebih dahulu untuk mengetik di bagian yang baru, kamu sekarang bisa menggunakan tombol shortcut yang satu ini.

Kamu dapat berpindah ke bagian yang lain secara mudahnya, tanpa menggerakkan tanganmu ke kursor ataupun mouse.

Tekanlah tombol "alt" dan tombol "enter", kamupun sudah berpindah ke bagian yang baru di dalam cell.

Tiga shortcut ini berguna untuk membantu dan mempermudah pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

(*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x