Follow Us

Libur Idul Fitri 2019 Trafik Data XL Axiata Naik 57 Persen, Bahkan 137 Persen di Jepara

Wahyu Subyanto - Rabu, 12 Juni 2019 | 18:20
Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS
XL Axiata

Teknisi XL Axiata melakukan perawatan BTS

Nextren.com - Masa liburan mudik dan lebaran yang berlangsung tiap tahun, selalu menjadi ajang pembuktian kualitas jaringan operator seluler.

Pasalnya, saat mudik dan lebaran itu selalu terjadi lonjakan yang tinggi dibanding tahun lalu, bahkan di hari-hari sebelumnya.

Apalagi, tren kenaikan trafik ini makin tinggi, terutama untuk layanan data.

Terjadi pula perpindahan lokasi pelanggan dalam mengakses layanan operator selama sekitar 2 minggu, dari kota-kota besar ke daerah atau ke kampung halaman.

Baca Juga: Mudik dan Lebaran 2019, Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Terutama Medsos dan Game

Operator XL Axiata menyatakan berhasil melalui masa krusial periode lebaran (H-1 s/d H+1) Lebaran 2019 dengan performa yang baik. Selain hampir tidak ada problem jaringan yang berarti, trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa.

Sementara jika dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%.

Selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice cenderung mengalami penurunan, karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data.

Baca Juga: Pelanggan 3 Indonesia Dongkrak Trafik Mobile Legend Hingga 155 Persen Saat Mudik Lebaran 2019

Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan."

Yessie menambahkan, performa layanan saat libur panjang Lebaran juga merupakan salah satu ujian bagi dalam mengukur performa di sepanjang tahun.

Untuk itu, persiapan panjang dan serius sudah dilaksanakan sejak jauh-jauh hari.

Baca Juga: Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 12,3 Persen di Lebaran 1440H, Tertinggi di Jawa Tengah

Apalagi kecenderungan dan kebiasaan pelanggan dalam mengkonsumsi layanan data juga terus berubah, seiring dengan cepatnya kemajuan teknologi digital.

Persiapan terhadap jaringan XL Axiata tidak hanya sebatas menambah kapasitas atau BTS di jalur mudik, namun juga atas konfigurasi jaringan yang paling sesuai dengan trend dan kebiasaan pelanggan dalam mengkonsumsi layanan terutama data.

Mencermati lonjakan trafik data yang terjadi dibandingkan hari-hari normal, pelanggan terlihat sangat nyaman dalam menggunakan semua jenis layanan.

Untuk trafik mengakses ke layanan pesan berbasis data (instant messaging)/Whats App,Line dan sebagainya secara rata-rata meningkat meningkat sebesar 48%.

Baca Juga: Nonton Netflix Pakai Paket Data Butuh Kuota Berapa Banyak Sih?

Lalu trafik layanan jejaring sosial (SNS:Facebook, Twitter, Instagram) meningkat 17%.

Sementara trafik streaming video dan sebagainya, meningkat sebesar 22%, yang mulai lebaran tahun ini ditunjukkan dari mulai naiknya akses games sebesar 15%.

Kontribusi peningkatan trafik akses sosial media di hari lebaran terutama didukung meningkatnya trafik mengakses aplikasi Instagram (35%).

Lalu ada juga peta digital WAZE yang meningkatkan trafik sebesar 93% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Turis Bule Ditawarkan Internetan Smartfren Tourist Pack Kuota Unlimited Seharga Rp 100 Ribu

Adapun trafik layanan portal Hiburan (entertainment) selama masa mudik seperti Spotify naik 8% dan Netflix 77%.

Untuk aktifitas pembelian online selama lebaran 2019 juga mengalami perubahan pola dibandingkan lebaran 2018.

Bila Lebaran 2018, situs Lazada paling banyak diakses pelanggan, maka selama Lebaran 2019, Shopee menjadi situs belanja online yang paling banyak diakses pelanggan, disusul Bukalapak dan Tokopedia.

Data dari pusat monitoring jaringan XL Axiata juga menunjukkan area-area dengan lonjakan trafik yang signifikan dibandingkan kondisi normal.

Baca Juga: Cara Setting Mode Penghemat Data Instagram, Foto Video Tak Langsung Tampil

Sebut saja seperti pusat perbelanjaan, meningkat 6%, lokasi wisata naik 9%, bandara naik 5%, dan stasiun kereta rata-rata naik 12%.

Yang juga menarik untuk diketahui, seiring dengan adanya arus mudik dan balik, trafik di area-area sepanjang jalan tol Trans Jawa juga naik cukup signifikan, yaitu sekitar 6% dibandingkan hari normal di luar masa mudik.

Selanjutnya, setelah tersedia sarana jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera, perpindahan trafik layanan antar daerah juga meningkat. Tercatat, trafik layanan data di wilayah Jabodetabek berkurang 8% selama lebaran 2019.

Sebaliknya, trafik layanan data di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik antara 10-25%, Jawa Barat naik 11-43%, Lampung naik 38%, dan Sumatera Selatan naik 15%.

Baca Juga: Mengenal Cloud Storage, Media Penyimpanan Data Online Yang Praktis

Kota-kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan tersebut.

Kota Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% dibanding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%.

Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kab. Kutai Kartanegara naik 79%, kota Tanah Laut naik sekitar 51%, lalu diikuti kota Balikpapan setinggi 40%.

Sementara di Sulawesi, Kab. Pinrang, naik sekitar 81%, dan Kota Manado naik sekitar 16%.

Baca Juga: Data Waze: Saat Ramadan, Orang Malah Lebih Sering Bepergian Dibanding Hari Biasa

Untuk memastikan semua layanan berjalan dengan baik, sebelumnya telah dilakukan berbagai langkah antisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur/hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

Selain itu juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia).

Disiapkan pula sekitar 50 Mobile BTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran.

Baca Juga: Mengenal Ransomware, Salah Satu Jenis Malware Yang Bisa Mencuri Data

Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.

Sebagian besar jalur mudik utama juga dinyatakan telah terlayani dengan jaringan data 4G LTE.

Di sepanjang Pulau Jawa, baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta – Surabaya diklaim 100% telah terlayani jaringan 4G LTE.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Siapkan Data Center dan Aplikasi Umum, Pemda Jangan Terbebani Soal Teknologi!

Sementara itu, jalan tol di luar Jawa, yaitu Bakauheni - Terbanggi yang juga sudah beroperasi, jaringan 4G XL Axiata telah meng-cover lebih dari 85% jalur tersebut.

Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai Utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%.

Di Sumatera lebih dari 94% jalur mudik utama telah ter-cover oleh jaringan 4G LTE, sedangkan di Kalimantan mencapai 66%. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest