Laporan Wartawan NexTren, Arif Budiansyah
NexTren.com- Untuk memastikan produk ketangan konsumen dengan aman dan tepat waktu, order fulfillment merupakan salah satu aktifitas penting dalam bisnis e-commerce.
Sebagai layanan e-commerce enabler, Jet Commerce menghadirkan fulfillment center terbaru, (23/04/2019), untuk meningkatkan kinerja operasional.
Agustina Putri Wijaya, Marketing Director Jet Commerce, memamparkan berbagai tantangan yang dihadapi brand untuk mengoptimalkan proses pemenuhan pesanan yakni;
1. Keterbatasan tenaga kerja ahli dibidang operations &fulfillment,lantaran hanya sebagian brand yang memiliki kompetensi inti dalam jaringan distribusi
2. Ketidaksiapan menghadapi perubahan volume pesanan, brand ataupun pelaku e-comerce harus cermat membaca tinggi rendahnya permintaan produk apalagi padapeak seasonseperti lebaran atau festival belanja online seperti 11.11 dan 12.12.
3. Tantangan dalam menciptakan pengalaman mengesankan, pengalaman ini bisa diciptakan beragam cra, salah satunya melalui kemasan yang menarik untuk dibagikan ke media sosial.
Untuk tantangan ketiga, hal itu menjadi perhatian utama karena riset dari konsumen primer GlobalData 2016 mencatat.
Lebih dari seperempat konsumen global (26%) tertarik kemasan yang unik dan berwarna cerah, sementara 23% konsumen global tertarik terhadap kemasan interaktif.
Selain itu, beberapa tantangan tersebut menjadi hambatan bagi brand untuk berfokus pada pekerjaan stategis lainnya termasuk inovasi dan pengembangan produk.
Baca Juga : Tokopedia ByMe, Fitur Baru Yang Bisa Buat Kita Jadi Influencer