Follow Us

Operator Siapkan Jaringan 4G Hadapi Ramadan dan Lebaran 2019

Wahyu Subyanto - Jumat, 05 April 2019 | 13:25
Kemacetan saat mudik
kompas.com

Kemacetan saat mudik

Nextren.com - Lebaran 2019 tinggal sebulan lagi.

Semua operator kini sedang sibuk membenahi layanan di sepanjang jalur mudik untuk mengantisipasi perpindahan jutaan pelanggan ke daerah.

Saat ini XL Axiata juga menyiapkan jaringan guna menghadapi kemungkinan lonjakan trafik saat memasuki bulan Ramadan dan berlanjut dengan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan dengan menyesuaikan pada sejumlah aktivitas pelanggan yang khas terjadi pada momen yang sama.

Aktivitas yang dimaksud terutama merujuk pada trend penggunaan jenis-jenis layanan data, arus mudik dan arus balik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Baca Juga : Realme Hadirkan Varian Baru Untuk Realme U1, Bakal Masuk Indonesia?

Selain itu, antisipasi juga dilakukan dengan mengamankan koneksi di sepanjang jalur tol baru baik di Jawa maupun Sumatera yang kemungkinan akan menjadi jalur utama masyarakat selama libur Lebaran. Diprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi yaitu sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa.

Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik.

Untuk itu telah diantisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik.

Baca Juga : Aplikasi Laut Nusantara Dikenalkan ke Nelayan Banyuwangi, Bisa Beri Info Lokasi Ikan di Laut

Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur /hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest