Follow Us

Avast Threat Lab Luncurkan apklab.io, Platform Pemburu Ancaman Seluler yang Cerdas

Wahyu Subyanto - Sabtu, 09 Maret 2019 | 11:20
apklab.io
avast

apklab.io

Nextren.com – Avast, penyedia keamanan online, mengumumkan peluncuran apklan.io, sebuah platform intelejen seluler yang didesain untuk memberikan intelijen terkini bagi para peneliti keamanan Android.

Apklab.io adalah platform yang menyediakan data intelijen dari jaringan global Avast, yang terdiri dari lebih 145 juta pengguna seluler.

Tujuannya untuk membantu para peneliti melawan meningkatnya ancaman malware bagi seluler.

Apklab.io menggunakan mesin dengan teknik pembelajaran yang dirancang Avast.

Teknik itu awalnya digunakan untuk membantu Avast Threat Labs dalam mencari dan menemukan ancaman bagi pengguna seluler.

Baca Juga : Hacker Penyebar Teror Hoax Ancaman Bom ke Ratusan Sekolah di AS Ditangkap

Kini, Apklab.io tersedia untuk para peneliti external, sehingga mereka dapat meningkatkan deteksi, penemuan, dan eradikasi dari malware seluler.

“Melawan malware seluler pada zaman sekarang yang sudah sangat merajalela konektivitasnya adalah tantangan besar yang tidak dapat diselesaikan oleh hanya satu perusahaan saja,” kata Nikolaos Chrysaidos, Kepala Intelejen Ancaman Seluler & Keamanan untuk Avast Threat Labs.

“Industri memerlukan koordinasi, dimana vendor keamanan dan komunitas keamanan secara luas bersatu dengan misi untuk melawan kejahatan siber, sehinggat rasio cost dan benefit tetap menguntungkan bagi kita bersama, dan untuk itulah kenapa kami membuat ApkLab.io tersedia secara luas.”

Baca Juga : Inilah Peta Ancaman Serangan Kejahatan Digital Tahun 2019 versi Avast

Informasi dari apklab.io sudah mengarah pada penemuan dan penghapusan di lebih dari 130 aplikasi jahat di Google Play dan Store.

Contohnya, dalam kasus BankBot Trojan, fitur pelacakan kelompok malware di apklab.io memungkinkan Avast untuk mengidentifikasi dan mendeteksi setiap contoh dari virus yang telah diunggah ke Google Play dalam hitungan jam setiap kemunculannya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest