Follow Us

Data Tren Belanja 2019, Pria Lebih Banyak Nyicil dibanding Wanita

Wahyu Subyanto - Selasa, 05 Maret 2019 | 18:19
Ilustrasi Belanja Online

Ilustrasi Belanja Online

Nextren.com - belanja online kini sudah menjadi tren terutama bagi kalangan milenial, dengan berbagai metode pembayaran.Pembayaran dengan cicilan ternyata memang disukai dan membuat transaksi online melonjak.Kredivo, kartu kredit digital untuk milenial Indonesia, baru saja merilis data tentang Tren Belanja awal tahun 2019. Data yang diambil dari 50.000 sampel pengguna yang bertransaksi menggunakan Kredivo dalam 3 bulan terakhir (November 2018 – Januari 2019) itu, menunjukkan temuan yang menarik.

Baca Juga : 6 Tips Belanja Cerdas Saat Harbolnas dan Flash Sale, Agar Kantong Tidak JebolSekitar 57,6% pengguna layanan Kredivo adalah pria, sedangkan 42,4% pengguna merupakan wanita. Hal ini menunjukkan bahwa pria cenderung lebih aktif dalam bertransaksi online dibanding wanita. Lebih jauh lagi, data ini menjelaskan bahwa ada kesamaan perilaku pengguna Kredivo dengan pengguna kartu kredit di Indonesia. Dari 3 fitur produk yang dimiliki Kredivo, sekitar 21% pengguna menggunakan layanan cicilan di e-commerce, sekitar 30% pengguna menggunakan layanan pinjaman tunai dan hampir 85% pengguna menggunakan layanan bayar dalam 30 hari. “Layanan bayar dalam 30 hari menawarkan kenyamanan bagi para pengguna dalam bertransaksi secara online dalam 2 klik saja."

Baca Juga : Kasus Penipuan Beli Hardisk di Tokopedia yang Lagi Ramai, Ini Tips Agar Aman Belanja

"Selain cepat dan mudah, pengguna dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayarnya kemudian.""Jadi tidak heran, persentase pengguna yang memanfaatkan layanan ini sangat tinggi,” ungkap Indina Andamari, Head of Marketing Kredivo. Ada hal menarik yang ditemukan di data tren belanja ini, dari banyaknya transaksi cicilan di e-commerce, 66,7% pengguna layanan cicilan adalah pria, sedangkan wanita hanya 33,3%. Dapat disimpulkan bahwa pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita.

Baca Juga : Tips Belanja Hemat Saat Harbolnas Khusus Untuk Sobat NexTren

Tren Belanja 2019
Kredivo

Tren Belanja 2019

Menurut beberapa studi yang dikutip dari Harvard Business Review, pria memang cenderung lebih berani mengambil resiko daripada wanita, baik dalam hal keuangan maupun hal lainnya. Perbedaan gender memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan. “Budaya di Indonesia juga menempatkan pria sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah dan sebagai kepala keluarga, sehingga para pria mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman. Kredivo membantu mereka dalam hal ini,” ujar Indina. Kredivo memberikan fleksibilitas pembayaran secara berkala pada pengguna.

Baca Juga : Meski Dollar Naik, Ternyata Belanja Online Malah Naik

Salah satu fitur penting Kredivo adalah kemudahan mengakses kredit instan tanpa kartu kredit dengan bunga setara bank, bahkan 0% untuk pembayaran dalam 30 hari. Prosesnya diklaim berlangsung cepat, mudah dan aman karena semua informasi dienkripsi. Fashion, Kategori Produk yang Paling Sering Dibeli Pria Maupun Wanita Data Tren Belanja awal tahun 2019 dari Kredivo menemukan bahwa mayoritas pria atau wanita membeli produk berupa fashion dan aksesorisnya dengan menggunakan Kredivo.

Baca Juga : Cara Belanja Online di Situs Luar Negeri Tanpa Kartu Kredit!

Tren Belanja 2019
Kredivo

Tren Belanja 2019

Dari total pengguna pria, 39,3% membeli produk fashion dan aksesorisnya, disusul gadget sekitar 36,8% dan perlengkapan rumah tangga sebesar 18%.

Sedangkan dari total pengguna wanita, 55% membeli produk fashion dan aksesorisnya, 41% produk kesehatan dan kecantikan, dan di posisi ketiga dengan persentase 26,2% adalah perlengkapan rumah tangga. Namun jika dilihat dari total nilai belanja, kategori gadget dan aksesorisnya berada di peringkat pertama mengalahkan kategori fashion.Jumlahnya empat kali lipat untuk pria dan hampir dua kali lipat untuk wanita.

Baca Juga : Cara Mudah Instagram Manjakan Penggunanya Lakukan Belanja Online

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest