Nextren.com – Pesatnya perkembangan industri video gim dan esport tidak lepas dari peran game streamer, alias pemain video gim yang menyiarkan kegiatan bermainnya melalui platform live streaming.
Lebih jauh lagi, game live streaming telah menjadi kategori hiburan tersendiri dengan segmen penonton yang loyal.
Wired.com memprediksi, platform live streaming akan mampu berkembang menjadi alternatif baru commercial entertainment, dengan fenomena terbaru seperti celebrity streaming misalnya yang diperkirakan akan mendongkrak jumlah penonton. Platform live streaming pun diyakini dapat terus berevolusi seiring berkembangnya kreativitas dari kreator konten dalam menggunakan platformnya.
Baca Juga : Gandeng Young Lex, Game.ly Jadi Aplikasi Streaming Game Entertainment
Tingginya nilai pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan menyiarkan permainan video gim dapat menjadi faktor utama berkembangnya penggunaan platform live streaming.
StreamLabs menyatakan bahwa angka tipping volume atau besaran tip alias uang hadiah dari penonton yang didapatkan dari kegiatan game streaming di kuartal keempat 2018 meningkat sebesar 36 persen dari kuartal keempat 2017 dengan total nominal mencapai 35 juta dolar AS.
Richard Tyler “Ninja” Blevins, gamer profesional yang juga seorang game streamer, berhasil meraih pendapatan hingga 10 juta dolar AS (sekitar 144 miliar Rupiah) dari kegiatannya menyiarkan permainan video gim sepanjang tahun 2018.
Di Indonesia, Justin “Jess No Limit” menjadi salah satu gamer terpopuler dan terkaya di tahun 2018, dengan penghasilan mencapai puluhan juta Rupiah per bulan dan penghasilan tambahan lainnya setiap memenangkan turnamen.
Baca Juga : Disney Akan Luncurkan Layanan Streaming Filmnya Pada Akhir 2019
Amy Cao, Global Marketing & PR Head Nimo TV berpendapat, sekarang adalah waktu yang tepat bagi para pemain video gim maupun game enthusiast untuk menjadi seorang game streamer.
“Menjadi game streamer video gim kini bukan lagi sekadar hobi semata, namun dapat dikembangkan menjadi profesi."
"Selain faktor penghasilan besar yang ditawarkan, berkembangnya faktor-faktor lain dapat menjadikan kegiatan bermain game dapat menjadi kegiatan yang sangat menjanjikan.”