Follow Us

Kabar Buruk! WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Bakal Bersatu

Wahyu Subyanto - Sabtu, 26 Januari 2019 | 20:55
WhatsApp - Facebook Messenger- Instagram Bakal Bersatu
wp.com

WhatsApp - Facebook Messenger- Instagram Bakal Bersatu

Nextren.com - Tiga aplikasi chating milik Facebook ini sangatlah populer, yakni WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger.Banyak orang bahkan memiliki ketiganya sekaligus.Sebagai informasi, WhatsApp dibeli Facebook tahun 2014 senilai US$ 19 miliar, sedangkan Instagram dibeli Facebook tahun 2012 sebesar US$ 715 juta.Nah, kabar buruknya adalah ketiga aplikasi chating tersebut bakal diintegrasikan.

Baca Juga : WhatsApp vs Telegram Messenger Bagus Mana? Ini 6 Perbedaan PentingnyaMenurut pendiri Facebook. Mark Zuckerberg, penyatuan tiga aplikasi chating tersebut bertujuan untuk memudahkan Facebook dalam penempatan iklan yang lebih bagi pengguna.Kita masih belum tahun seperti apa pastinya integrasi tersebut akan dilakukan.Namun tampaknya kita harus bersiap untuk menerima atau melihat lebih banyak iklan.Belum lagi aplikasi juga akan bertambah bebannya, sehingga lebih terasa beratnya.

Baca Juga : Iran Blokir Twitter, Facebook, YouTube, Telegram dan Kini Instagram

Nantinya, ketiga layanan Facebook itu dapat saling terhubung dan bisa berkirim pesan satu sama lain.Selain untuk alasan iklan, rencana integrasi ini juga menjadi strategi Mark Zuckerberg untuk memperkuat posisinya terhadap kebijakan pemerintah yang ingin memisahkan ketiganya dari Facebook.Bersatunya ketiga aplikasi ini akan membuatnya menjadi layanan chating terbesar di dunia, dengan jumlah total pengguna mencapai 2,6 miliar.

Baca Juga : Ini 6 Hal Baru pada Aplikasi Telegram Khusus untuk Pengguna AndroidMeski ketiga aplikasi chating tersebut akan disatukan, pengguna masih akan berinteraksi secara terpisah per aplikasi.Selain ketiga aplikasi tetap berjalan terpisah, semua pesan aplikasi itu juga terenkripsi end-to-end untuk menjamin keamanannya.Seperti dilansir dari Android Authority, pengguna WhatsApp bakal bisa langsung berkirim pesan dengan pengguna Telegram, atau Facebook Messenger. Bakal lebih praktis bukan?Baca Juga : WhatsApp Bakal Blokir Nomor Akun Penyebar Hoax di Indonesia Selamanya

"Kami berupaya membuat aplikasi pesan yang lebih aman dengan fitur terenkripsi end-to-end dan cara pengoperasian yang lebih mudah untuk menjangkau teman dan keluarga di seluruh jaringan," kata pihak Facebook.Upaya integrasi ketiga aplikasi ini sudah dimulai dan akan selesai akhir tahun 2019 atau awal 2020.Selama ini, Facebook diketahui juga sudah mengintegrasikan aplikasi tersebut. Saat seorang pengguna Instagram posting foto di Stories, tersedia pilihan untuk membagikan foto yang sama ke Facebook Stories. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest