Follow Us

Ini 16 Modem BOLT yang Bisa Di-Unlock Resmi Untuk Smartfren Atau Operator 4G Lain

None - Senin, 07 Januari 2019 | 13:54
Modem Bolt Super 4G LTE
KOMPAS.com

Modem Bolt Super 4G LTE

Nextren.com - Bolt telah resmi menggantikan layanan internet 4G LTE, setelah Kementrian Kominfo resmi mencabut izin penggunaan frekuensi 2,3 GHz PT Internux pada 28 Desember lalu. Meski telah dihentikan, pengguna modem Bolt masih bisa menggunakan perangkatnya dengan beralih ke operator lain dengan cara membuka kunci kartu SIM atau unlock. Bolt telah menyediakan mekanisme unlock menggunakan software resmi yang telah tersedia. Dari 16 modem yang bisa di-unlock, ada empat tipe modem yang bisa di-unlock secara resmi dengan software yang dirilis oleh Bolt.

Baca Juga : BOLT Bangkrut, Pelanggan Yang Pindah ke Smartfren Diberi Bonus Kuota Data 6GBKeempat modem tersebut adalah Alva (BL300), Aquila Max (BL1), Arion (PL100), dan Helios G2 (BL500). Empat modem di atas hanya mendukung jaringan Smartfren setelah dilakukan unlock. Untuk melihat software dan petunjuk cara melakukan unlock secara mandiri, pengguna bisa mengunjungi situs resmi Bolt. Selain itu, modem tipe VEGA (BL3) telah di-unlock oleh Bolt dan mendukung jaringan 4G semua operator seluler.

Baca Juga : Terjerat Hutang Bikin Layanan Isi Ulang BOLT Dihentikan Sementara, Pelanggan Mengeluh

Sementara, modem JUNO (MV 005) yang disebut telah di-unlock sebagian, tapi hanya mendukung jaringan 4G Smartfren. Beberapa modem juga bisa di-unlock dengan mencari sendiri software yang diperlukan, atau diistilahkan sebagai "open market" oleh Bolt. Artinya, software bisa didapatkan di sumber resmi dari Bolt. Namun, lantaran bukan dari sumber resmi, Bolt mewanti-wanti pengguna yang memakai software "open market" untuk berhati-hati agar terhindar dari kerusakan yang bisa menyebabkan perangkat modem mati total.

Baca Juga : Ijin Firstmedia dan Bolt Bakal Dicabut, Gara-Gara Hutang ke Negara Rp 708 MiliarSelain secara mandiri, pengguna juga bisa melakukan unlock di gerai Bolt Zone yang tersebar di 28 titik di wilayah Jabodetabek dan Medan. Namun, menurut keterangan yang diunggah di akun Twitter Bolt, unlock di gerai hanya berlaku untuk modem yang memang mendapat software unlock resmi dari Bolt.Jadi bukan untuk perangkat yang mesti menggunakan software "open market".Selain melakukan unlock, di gerai Bolt Zone pengguna juga bisa melakukan refund, jika masih memiliki saldo pulsa Bolt.

Baca Juga : Ingin Eksis Internetan Saat Traveling ke Luar Negeri, Cukup Sewa Modem 4G

Informasi gerai Bolt Zone bisa dilihat di link berikut ini. Daftar lengkap modem Bolt yang bisa di-unlock adalah sebagai berikut: Unlock dengan software resmi: Alva (BL300) - hanya mendukung jaringan Smartfren Aquila Max (BL1) - hanya mendukung jaringan Smartfren Aprion (PL100) - hanya mendukung jaringan Smartfren Helios G2 (BL500) - hanya mendukung jaringan Smartfren Unlock dengan software tak resmi (open market): B315 - hanya mendukung jaringan Smartfren E5776 - mendukung semua operator jaringan 4G Huawei Slim 2 - mendukung semua operator jaringan 4G Huawei Max 2 - mendukung semua operator jaringan 4G Orion - mendukung semua operator jaringan 4G VELA - mendukung semua operator jaringan 4G ZTE MF90 - mendukung operator jaringan 4G ZTE HYDRA - mendukung operator jaringan 4G(Wahyunanda Kusuma Pertiwi)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Daftar Modem Bolt yang Bisa Di-"unlock"

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest