Follow Us

Cara Mengatasi Download Pending di Play Store yang Bikin Kesal

Dok Grid - Kamis, 14 September 2023 | 13:02
Masalah download pending
Google Play

Masalah download pending

Nextren.com - Saat ini, pengguna smartphone Android tentu sudah sangat akrab dengan Google Play.Pasalnya, semua aplikasi dan game yang kita butuhkan tersedia di sana.Namun kamu tentu pernah mengalami saat sedang download aplikasi atau game di Gogole Play, lalu mengalami download pending atau download yang tertunda.Dugaan awal tentunya karena ada antrian karena kita sedang download dokumen atau aplikasi lain.

Baca Juga : Awas, Fitur Download Your Data di Instagram Bisa Bocorkan Kata SandiDugaan berikutnya adalah kapasitas memori hape sudah hampir habis.Namun bagaimana jika kedua hal itu tidak kita alami?Berikut beberapa kemungkinan penyebab dan solusinya, saat mengalami downlaod pending di Gogle PlayStore.

1. Bersihkan Cache

Secara alami, setiap kita membuka Google Play ada banyak memori cache yang otomatis tersimpan di memori internal.

Cache memori ini adalah file sampah yang sebenarnya hanya terpakai sementara, namun bisa membuat masalah download pending tersebut.Memori cache di Google Play bisa dibersihkan lewat Setting, lalu pilih Apps (Application) dan pilih aplikasinya yaitu Google PlayStore.Lanjutkan dengan memilih Storage dan Clear Cache.

clear cache
way

clear cache

2. Flight Mode

Mungkin saja terjadi idle di koneksi internet ke operator.Maka segarkan lagi koneksi internet dengan cara mengaktifkan flight mode (mode pesawat ON), lalu mematikannya lagi (OFF).

3. Update Aplikasi Otomatis

Semua hape Android memang secara otomatis akan melakukan update terbaru untuk aplikasi yang sudah diinstal.Coba cek dulu hal ini, apakah ada update aplikasi secara otomatis yang sedang berjalan.Caranya dengan membuka Google Play Store, lalu sentuh ikon tiga baris di sudut kiri atas.

Baca Juga : Cara Download Video di Facebook, Ternyata Cepat dan Gampang!

Lanjutkan dengan memilih My app & games (Aplikasi & Game saya), lalu pilih Updates (Pembaharuan).Kalau memang ada aplikasi yang sedang melakukan update otomatis, maka harus dihentikan dengan sentuh tanda silang (x).

Google Play Store

Google Play Store

4. Geser ke Bawah

Geser tampilan aplikasi ke bawah hingga semua informasi aplikasi .Ini cara termudah dan kadang-kadang berhasil, karena mungkin saja agar semua informasi aplikasi dibaca oleh para downloader.

Baca Juga : Cara Mudah Download Video dari Instagram Bagi Kalian yang Gak Tahu

5. Restart Hape

Cara pamungkas ini bisa dilakukan buat yang tak mau repot mengambil banyak langkah.Cukup tekan tombol power lalu pilih restart, dan tunggu.Memang cara ini agak lama karena harus menunggu proses restart sampai hape siap digunakan kembali.Namun cara ini juga sangat mudah dan ampuh. (*)

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest