Follow Us

Cara Menghemat Baterai dan RAM Google Chrome, Aktifkan Fitur ini!

Dok Grid - Selasa, 12 September 2023 | 10:45
Google Chome di MacBook Pro
Tom's Guide

Google Chome di MacBook Pro

Google baru saja mengumumkan update penting untuk perangkat Mac, Windows, dan Chromebook.

Google mengumumkan Google Chrome versi 108 yang memperkenalkan 2 fitur baru yakni mode Energy Saver (penghemat baterai) dan mode Memory Saver (penghemat memori).

Mode Energy Saver dan Memory Saver akan diluncurkan sebagai tanggapan atas keluhan pengguna terkait penggunaan Google Chrome yang sangat boros baterai dan RAM.

Google mengklaim bahwa kombinasi fitur Memory Saver dan Energy Saver dapat menghemat penggunaan memori hingga 40% dan 10GB lebih sedikit.

Selain itu, Google juga menjanjikan browser sedang kamu buka tetap lancar serta baterai tetap hemat saat mengaktifkan kedua fitur tersebut.

"Dengan versi terbaru Chrome versi desktop, kami mengumumkan 2 pengaturan performa baru sehingga Chrome lebih hemat 40% dan 10GB untuk mebuat tabs berjalan smooth dan memperpanjang durasi penggunaan saat low-bat," tulis Google.

Baca Juga: Google Chrome Terdekteksi Berbahaya, Lebih Aman Gunakan 3 Browser ini

Fitur Memory Saver

Fitur Memory Saver dapat menghemat penggunaan RAM di komputer ketika Google Chrome sudah membuka banyak tab perambang.

Dengan Memory Saver, tab yang sedang tidak aktif bisa lebih hemat penggunaan memori dan yang sedang aktifk tetap dapat diakses secara lancar.

Fitur ini berguna jika kamu membuka banyak tab dan di saat bersamaan sedang menggunakan Google Chrome untuk aktivitas yang haus memori seperti webste dengan tampilan interaktif atau aplikasi berbasis web.

Website yang tadinya sedang tidak aktif dan kembali kamu gunakan, akan melakukan reload memori ketika diperlukan secara otomatis.

Memory Saver Google Chrome
Google

Memory Saver Google Chrome

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest