Follow Us

Apple Ingin Wujudkan Siri Yang Tidak Butuh Internet, Alias Offline

David Novan Buana - Minggu, 18 November 2018 | 19:52
Apple Siri
cultofmac.com

Apple Siri

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Asisten berbasis Artificial Intelligence memang harus diakui sangat berguna, terutama pada perangkat seperti Apple dengan Siri.

Tidak hanya bisa membantu menjalankan beragam aplikasi, Siri juga bisa diajak sebagai teman ngobrol ketika kamu sedang sendirian.

Namun ada satu kelemahannya, yaitu asisten seperti Siri tidak bisa berfungsi tanpa internet; sesuatu yang ingin diperbaiki oleh Apple.

Baca Juga : iPhone 5G Pertama Bakal Diluncurkan Apple Pada 2020, Teknologi Lebih Stabil

Menurut laporan dari Apple Insider, Apple ingin membuat Siri lebih berguna untuk penggunanya ketika tidak terhubung ke internet, termasuk kemungkinan adanya mode offline dan dijalankan sepenuhnya di perangkat pengguna.

Memang benar, fungsi asisten berbasis AI masih terbatas pada koneksinya dengan cloud server yang mengatur interaksinya dengan pengguna.

Langkah yang diambil oleh Apple untuk mewujudkannya masih belum terlihat jelas, hanya melalui paten yang didaftarkan.

Pada paten tersebut, tertulis adanya aplikasi asisten personal offline sebagai fungsi yang akan digunakan oleh Apple.

Fungsi selanjutnya adalah aplikasi ini tidak terhubung ke server Apple, melainkan proses Speech-to-text atau menerjemahkan ucapan pengguna ke dalam teks dan validasinya terjadi di perangkat pengguna.

Penggunaan server online biasanya digunakan untuk memproses validasi tersebut, dan juga penyedia kekuatan komputasi untuk menjalankan AI; sesuatu yang sulit dilakukan oleh smartphone.

Namun dengan adanya chip yang mendukung Neural Processing Unit (NPU) yang mampu menjalankan AI dan mulai dirilis tahun depan, bisa jadi smartphone akan cukup pintar untuk menjalankannya.

Source : Slashdot

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest