Follow Us

Hari Jomblo, Raksasa E-Commerce China Raup Rp 193 Triliun

Reska K. Nistanto - Jumat, 13 November 2015 | 10:12
Ilustasi e-commerce Alibaba
ist

Ilustasi e-commerce Alibaba

Perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba, mengaku mencatat transaksi sebesar 91,2 miliar yuan (sekitar Rp 193 triliun) di momen Singles Day sale yang setiap tahunnya digelar pada 11 November (11/11).Jumlah penjualan tersebut meningkat sekitar 60 persen dari event Singles' Day tahun sebelumnya. Market Watch mencatat penjualan Alibaba pada 2014 adalah 57 miliar yuan.Dikutip Nextren dari Reuters, Jumat (13/11/2015) peningkatan nilai transaksi tersebut disebabkan oleh penambahan sejumlah rekanan (channel) Alibaba yang beragam.Nilai penjualan yang diumumkan Alibaba tersebut memang belum melalui proses audit, namun dari total nilai transaksi tadi, 68 persen transaksinya diakui Alibaba berasal dari perangkat mobile.Nilai penjualan Alibaba tersebut mengalahkan gabungan nilai dua event belanja online tahunan di Amerika Serikat (AS), yaitu Cyber Monday dan Black Friday.Jack Ma selaku pendiri Alibaba dalam selebrasi Singles' Day di Beijing menargetkan nilai penjualan dari luar China di tahun-tahun depan harus lebih dari 50 persen.Terkait Singles' Day, perayaan ini sebenarnya berawal dari peringatan hari "jomblo" (pria/wanita tanpa pasangan) di China. Namun Alibaba pada 2009 lalu mengubah event tersebut menjadi event belanja online 24 jam nonstop dengan menawarkan diskon besar-besaran.Kini transaksi di Alibaba menjadi salah satu tolak ukur daya beli masyarakat China seiring dengan ekonomi yang melamban di negara tersebut.

Source : Reuters

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest