ROG Ally X Resmi Rilis, Bawa Peningkatan & Perbaikan Dari Sebelumnya

Senin, 03 Juni 2024 | 09:56

ROG Ally X resmi diperkenalkan dengan sejumlah peningkatan dibandingkan versi original

nextren.com- ASUS Republic of Gamers (ROG) hari ini mengumumkan peluncuran ROG Ally X, model terbaru dari konsol game genggam ROG Ally.

Dirancang untuk gaming di Windows 11 secara mobile, ROG Ally X hadir dengan prosesor AMD Ryzen™ Z1 Extreme yang sama, namun membawa sejumlah peningkatan pada penyimpanan, RAM, dan daya tahan baterai, serta desain sasis yang diperbarui untuk meningkatkan ergonomi, pendinginan, dan konektivitas.

Dilengkapi dengan Armoury Crate SE 1.5 yang menawarkan perpustakaan game yang dapat disesuaikan dan pembaruan sistem terintegrasi, ROG Ally X dirancang untuk pengalaman bermain game dimana saja yang lebih baik.

Peningkatan ROG Ally X

Dibuat dengan masukan dari pengguna sebagai inti, ROG Ally X meningkatkan banyak komponen internal pentingnya.

SSD 1 TB baru memastikan pengguna memiliki ruang yang cukup untuk semua game mereka, meningkat dari 512 GB pada model Ally asli.

Selain itu, ROG Ally X menggunakan motherboard yang didesain ulang dengan slot form factor M.2 2280, memungkinkan pengguna untuk lebih mudah meningkatkan penyimpanan mereka ke drive yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

ROG Ally X

Peningkatan penyimpanan ini didampingi dengan 24 GB RAM LPDDR5X-7500 yang memberikan fleksibilitas lebih.

Sebagai APU, AMD Ryzen Z1 Extreme berbagi video RAM dengan RAM sistem perangkat.

Dengan game modern yang menggunakan lebih banyak VRAM untuk tekstur resolusi tinggi yang lebih hidup, 24 GB memori sistem memungkinkan pengguna untuk mengalokasikan lebih banyak memori ke sistem dan GPU untuk kinerja yang lebih baik dalam judul AAA generasi berikutnya.

Baca Juga: Review Singkat Laptop Gaming Kuat, ASUS TUF Gaming F16 (FX607JU)

Akhirnya, ROG Ally X juga dilengkapi dengan baterai 80 Wh, dua kali lipat kapasitas model sebelumnya, sehingga pengguna dapat bermain lebih lama jauh dari sumber listrik.

Meski ada peningkatan signifikan dalam daya tahan baterai, ROG Ally X hanya bertambah berat 70 gram dibandingkan dengan ROG Ally asli, dengan distribusi berat yang sempurna di tempat ibu jari dan jari telunjuk pemain saat memegang perangkat.

Hal ini membuatnya terasa lebih ringan dari berat 678 gramnya, memastikan kenyamanan bermain dan portabilitas bagi semua.

ROG Ally (atas) & ROG Ally X (bawah)

ROG Ally X menampilkan sasis yang didesain ulang dengan warna hitam, dengan pegangan yang sedikit lebih dalam dan bentuk yang lebih bulat untuk meningkatkan kenyamanan, tanpa menambah banyak ketebalan pada perangkat.

Tombol dan stik diatur dalam sudut yang lebih ergonomis, dengan kemiringan pada trigger yang memudahkan untuk ditekan.

Tombol makro di belakang juga lebih kecil, untuk mengurangi tekanan yang tidak disengaja sambil tetap mudah diakses.

Joystick diganti dengan modul baru yang lebih tahan lama dengan siklus umur 5 juta kali, dengan pegas yang lebih kaku untuk memberikan respons yang lebih akrab bagi pemain lama.

D-Pad juga telah ditingkatkan, dengan input delapan arah yang lebih presisi untuk game fighting dan retro.

Pengguna sangat meminta lebih banyak I/O universal, sehingga port XG Mobile asli digantikan dengan dua port USB-C® pada ROG Ally X, salah satunya kompatibel dengan Thunderbolt™ untuk interoperabilitas luas dengan dock pihak ketiga dan GPU eksternal.

Untuk mengakomodasi baterai baru, ROG Ally X menampilkan kipas baru yang 23% lebih kecil, namun menggunakan bilah kipas 50% lebih tipis untuk meningkatkan aliran udara.

Baca Juga: Hands on Laptop 2 Layar, ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED (UX8402)

Dua terowongan baru di housing kipas mengarahkan udara ke atas dan keluar menuju ventilasi knalpot tambahan ketiga di tepi atas ROG Ally X.

Solusi termal baru ini menyediakan volume udara 24% lebih banyak yang didorong melalui perangkat, mendinginkan tidak hanya komponen internal tetapi juga layar sentuh, yang ukurannya hingga 6°C lebih dingin untuk penggunaan jangka panjang yang lebih nyaman.

Ketersediaan dan Harga

ROG Ally X saat ini baru diperkenalkan secara global dengan harga $799 atau sekitar 13 jutaan rupiah. Belum diketahui apakah perangkat ini akan hadir di Indonesia atau tidak.

Baca Juga: ASUS Republic of Gamers Hadirkan Kolaborasi Baru Dengan PUBG Mobile

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya