Trafik Broadband Telkomsel Tumbuh 11,6 Persen Selama Natal dan Tahun Baru 2023

Kamis, 05 Januari 2023 | 20:52
Telkomsel

Trafik Layanan Broadband Telkomsel

Nextren.com - Saat perayaan Natal dan Tahun Baru tentu banyak orang yang menggunakan internet atau smartphonenya lebih sering dibandingkan hari-hari biasanya.

Pada hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru, masyarakat biasa berkirim pesan kepada keluarga atau kerabat.

Tak hanya berkirim pesan, penggunaan internet atau smartphone meningkat karena unggahan media sosial untuk menyemarakan perayaan natal dan tahun baru.

Maka tidak heran jika pada hari-hari besar beberapa provider, salah satunya Telkomsel mengalami pertumbuhan atau peningkatan trafik.

Trafik akses broadband Telkomsel tercatat tumbuh hingga 11,6% dibanding rata-rata d hari biasa pada tahun 2022.

Bahkan di periode yang sama, perayaan Natal dan Tahun Baru ini membuat trafik telkomsel melonjak 13 persen dengan total payload mencapai 49,8 petabyte.

Baca Juga: Telkomsel Rilis Program Rezeki Sakti, Beli Paket Internet Berhadiah Voucher!

Mengapa bisa terjadi peningkatan?

Saat momen Natal dan Tahun Baru masyarakat mengakses sejumlah layanan jejaring sosial lebih sering dibandingkan hari biasanya.

Misalnya akses layanan media sosial meningkat hingga hingga 11,9 persen, dan layanan komunikasi instant messaging dan video conference yang mencapai 35,7 persen.

Tak hanya sampai disitu, beberapa layanan lainnya juga mengalami peningkatan seperti , video streaming sekira 6,1 persen, mobile gaming yang melonjak hingga 23,9 persen, akses browsing yang tumbuh 79,8 persen.

Maka tidak heran jika Telkomsel mengalami lonjakan trafik akses broadband pada hari-hari perayaan Natal dan Tahun Baru.

Wilayah Yang Alami Peningkatann Trafik

Perayaan Natal dan Tahun Baru di kota-kota besar kerap kali lebih meriah dibandingkan kota-kota kecil disekitarnya.

Hal tersebut membuat beberapa wilayah juga mengalami peningkatan trafik akses broadband Telkomsel.

Seperti di Kabupaten Bogor yang mengalami peningkayan trafik Telkomsel sekitar 15,7 persen, Kabupaten Simalungin tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang 15, 22 persen dan Kota Bekasi 11,06 persen.

Baca Juga: Telkomsel MyAds Hadirkan Ragam Fitur Baru Mudahkan Pengiklan Berbisnis

Upaya Telkomsel Menghadapi Natal dan Tahun Baru

Telkomsel telah mengantisipasi adanya lonjakan trafik, untuk itu sebelumnta Telkomsel telah melakukan sejumlah hal untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan akses.

Upaya tersebut difokuskan pada 493 titik poin of interest di seluruh Indonesia, terutama di area spesial perayaan Natal dan Tahun Baru.

Titik poin of interest tersebut antara lain 363 area spesial seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan, ), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Di area-area tersebut Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan dengan mengintegrasikan 25.000 BTS 4G/LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT).

Tak hanya itu Telkomsel juga menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/ virtual.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya